Gejala-Gejala Ini Beri Sinyal Tubuh Terserang Hepatitis A

Penyakit Hepatitis A yang merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang sama dapat menyebabkan infeksi hati dan perawatan yang intensif.

Gejala-Gejala Ini Beri Sinyal Tubuh Terserang Hepatitis A
kolase/net
Nafsu makan berkurang jadi salah satu tanda penyakit hepatitis A. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Penyakit Hepatitis A yang merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang sama dapat menyebabkan infeksi hati dan perawatan yang intensif.

Hepatitis A ini kini tengah dialami sekitar 824 orang di Pacitan, Jawa Timur sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Gejala-gejala orang yang terkena virus hepatitis A ini terbilang lambat munculnya, namun bisa ditandai dengan kelelahan dan mual dan muntah.

Baca: Pacitan KLB Hepatitis A, 824 Warga Keluhkan Nyeri di Perut, Tak Nafsu Makan dan Pembesaran Hati

Mengalami mimpi muntah memanglah tidak menyenangkan, namun tidak bisa diremehkan karena memiliki tafsir mimpi yang berhubungan dengan hidup Anda.
Mengalami mimpi muntah memanglah tidak menyenangkan, namun tidak bisa diremehkan karena memiliki tafsir mimpi yang berhubungan dengan hidup Anda. (Freepik)

Kemudian tiba-tiba perut terasa sakit atau ketidaknyamanan, terutama di sisi kanan atas atau tepat di bawah tulang rusuk seperti yang dilansir dari Mayoclinic.

Kemudian penderita mulai kehilangan selera makan, demam ringan, urin berwarna gelap, dan juga nyeri sendi.

Tanda yang paling terlihat adalah kulit yang menguning dan bagian putih mata yang juga ikut menguning serta gatal-gatal yang hebat.

Petugas Dinas Kesehatan memeriksa pasien Hepatitis A yang dirawat di Puskesmas Sukorejo.
Petugas Dinas Kesehatan memeriksa pasien Hepatitis A yang dirawat di Puskesmas Sukorejo. (Istimewa/Kadinkes Pacitan)

Gejala-gejala ini mungkin relatif ringan dan hilang dalam beberapa minggu, namun infeksi hepatitis A ini juga bisa dialami hingga beberapa bulan.
Tidak seperti jenis virus hepatitis lainnya, hepatitis A ini tidak menyebabkan kerusakan hati jangka panjang, dan tidak menjadi kronis.

Pencegahan hepatitis A ini bisa dilakukan dengan cara vaksin yang diberikan dalam dua kali suntikan.

Kemudian hidup bersih seperti sering mencuci tangan usai menggunakan toilet atau mengganti popok dan sebelum menyiapkan makanan atau makan.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved