Ternyata, Minum Wine Bisa Cegah Sakit Tenggorokan dan Plak di Gigi

Hasil penelitian menunjukkan, wine bisa membantu mencegah sakit tenggorokan dan penumpukan plak.

Ternyata, Minum Wine Bisa Cegah Sakit Tenggorokan dan Plak di Gigi
capture
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Anggur atau wine cocok untuk dinikmati dengan berbagai jenis makanan, mulai dari daging, ikan, hingga cokelat.

Namun rupanya manfaat wine bukan hanya itu. Hasil penelitian menunjukkan, wine bisa membantu mencegah sakit tenggorokan dan penumpukan plak.

Menurut Journal of Agriculture and Food Chemistry, baik red wine ataupun white wine mengandung antibakteri yang bisa menangkal kuman penyebab plak pada gigi dan sakit tenggorokan.

Studi ini menemukan, baik red wine maupun white wine mengandung sejumlah senyawa organik yang dapat membantu menghentikan gejala flu sebelum memburuk.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa senyawa tersebut dapat membunuh 99,9 persen bakteri.

“Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa konsumsi wine secara moderat, memiliki efek menguntungkan pada kesehatan manusia,” kata penulis penelitian.

Baca: Begini Jadinya Lamborghini Dipasang Mesin Motor, Suaranya Khas Banget

“Temuan kami tampaknya menunjukkan, bahwa wine dapat bertindak sebagai agen antimikroba yang teruji efektif melawan strepkokus oral pathogen dan mungkin aktif dalam pencegahan karies dan pencegahan patologi saluran pernapasan atas.”

“Kesimpulannya, red wine dan white wine terbukti mengandung antibakteri in vitro yang aktif melawan beberapa strepkokus oral.”

Meski demikian, perlu diketahui, walaupun wine dapat mencegah sakit tenggorokan, bukan ide yang baik untuk mulai meminumnya secara teratur.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan, minum satu botol wine per minggu memiliki efek kesehatan yang sama dengan merokok 10 batang.

Studi di Inggris memperkirakan, mengonsumsi satu botol wine 750ml per minggu meningkatkan kemungkinan risiko kanker, bahkan pada orang yang tidak merokok.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Studi Ungkap Minum Wine Bisa Cegah Sakit Tenggorokan dan Plak di Gigi"

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved