Tes Gen Bantu Maksimalkan Nutrisi yang Pas Untuk Gaya Hidup Sehat

Untuk mengetahui asupan sayur atau buah dan kegiatan fisik yang cocok penting juga untuk melakukan pemeriksaan gen atau yang disebut nutrigenomic.

Tes Gen Bantu Maksimalkan Nutrisi yang Pas Untuk Gaya Hidup Sehat
Shutterstock
Menu sarapan pagi dengan chia seeds, baik untuk kesehatan tubuh. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan setiap orang beda-beda.

Itulah yang menyebabkan tidak semua program gaya hidup sehat seperti jenis olahraga atau pun diet tertentu cocok pada setiap orang.

Dr. Samuel Oetoro Sp. GK yang merupakan dokter spesialis gizi dan klinis menjelaskan yang pertama menjadi faktor kecocokan nutrisi adalah kondisi tubuh.

Ada faktor lainnya yang juga punya andil namun kerap diabaikan yakni gen yang ada di dalam tubuh, karena gen diantaranya memengaruhi respon tubuh terhadap penyerapan nutrisi.

“Jadi gen dalam tubuh berpengaruh sifat, fisik, kesehatan dan respon tubuh yang terdapat pada gen yang mempengaruhi terhadap berbagai macam nutrisi,” papar dr. Samuel Oetoro di acara Prodia ‘Get Nutrified’ beberapa waktu lalu.

Maka dari itu untuk mengetahui asupan sayur atau buah dan kegiatan fisik yang cocok penting juga untuk melakukan pemeriksaan gen atau yang disebut nutrigenomic.

Regional product Executive Prodia, Fakhril Akmal S.Farm menjelaskan pemeriksaan gen ini cukup dilakukan satu kali setahun saja, pada pemeriksaan gen tersebut akan dilihat interaksi gen dan nutrisi yang berkaitan dengan kesehatan.

“Hasilnya dapat digunakan untuk dasar atau guidance untuk melakukan gaya hidup yang sehat,” ucap Fakhril.

Untuk hasil yang maksimal bawa juga hasil tes gen untuk kecukupan nutrisi tersebut ke dokter gizi untuk mengetahui lebih detilnya seperti porsi yang tepat untuk mengonsumsi satu jenis makanan.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved