Awas! Jangan Langsung Ngadem di Bawah AC Setelah Berpanas-panasan, Bahaya untuk Mata

Namun harus diingat, dari ruangan yang panas masuk ke ruangan AC jangan langsung ngadem berada tepat dibawah AC.

Awas! Jangan Langsung Ngadem di Bawah AC Setelah Berpanas-panasan, Bahaya untuk Mata
Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Dr. Nina Asrini Noor, SpM, spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) saat ditemui di acara Buka Mata Buka Insto di Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Saat udara panas, berlindung di tempat yang sejuk dengan embusan Air Conditioner (AC) pastinya menjadi pilihan yang pas untuk meredakan panas diluar ruangan.

Namun harus diingat, dari ruangan yang panas masuk ke ruangan AC jangan langsung ngadem berada tepat dibawah AC.

Dr. Nina Asrini Noor, SpM, spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) menyebutkan berada tepat langsung dibawa AC bisa membuat mata kering.

“Di luar cuaca panas kita masuk ke AC bisa sebabkan mata kering karena hembusan anginnya dan kelembapan mata yang sedang rendah,” ungkap dr. Nina saat ditemui di acara Buka Mata Buka Insto di Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).

Saat berada di ruangan ber-AC, pastikan anginnya tidak terlalu kencang atau hindari amgin yang langsung menghadap ke mata agar mata tidak cepat kering.

“Fan speed jangan terlalu kencang, hindari yang menghadap wajah atur suhu yang buat nyaman aja untik mengurangi respirasi mata,” papar dr. Nina.

Air Conditioner (AC).
Air Conditioner (AC). ()

Selain karena angin yang langsung kena mata, mata kering yang memiliki ciri-ciri gatal, merah, seperti yang ada mengganjal juga bisa disebabkan oleh terlalu lama menatap layar gadget, pemakaian lense kontak, serta asap rokok.

Riwayat operasi mata, penggunaan obat tertentu, dan penyakit metabolic seperti diabetes melitus juga bisa sebabkan mata kering.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved