Cegah Orang Indonesia Berobat ke Luar Negeri, Menkes Terawan Incar Wisatawan Asing dengan Kerokan

Kementerian Kesehatan ikut ambil andil dalam meningkatkan jumlah wisatawan asing ke Indonedia dengan mewujudkan pelaksanaan wisata kesehatan.

Cegah Orang Indonesia Berobat ke Luar Negeri, Menkes Terawan Incar Wisatawan Asing dengan Kerokan
Kompas.com
Ilustrasi kerokan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Kementerian Kesehatan ikut ambil andil dalam meningkatkan jumlah wisatawan asing ke Indonedia dengan mewujudkan pelaksanaan wisata kesehatan.

Berdasarkan konsep dan peta jalan pengembangan wisata kesehatan ada empat aspek yang akan menjadi konsen pemerintah.

Keempatnya yakni wisata medis, wisata kebugaran dan jamu, wisata olahraga yang mendukung kesehatan dan wisata ilmiah kesehatan.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menyebutkan selain untuk meningkatkan jumlah wisatawan, ada target lainnya yang ingin dicapai dengan mempetakan aspek wisata kesehatan tersebut.

Pertama, perbaikan sektor kesehatan untuk mencegah wisatawan domestik alias warga Indonesia itu sendiri pergi berwisata kesehatan ke luar negeri.

“Kita harus tingkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan bisa bersaing, bisa diterima oleh masyarakat Indonesia kalau tidak ya pasti mereka tetap saja akan melakukan perjalanan wisata kesehatan ke mancanegara,” kata Menkes Terawan saat ditemui di Hotel Kempinski, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).

Baca: Ketika Mak Erot, Purwaceng dan Tongkat Ali Naik Kelas, Bakal Jadi Senjata Tarik Wisatawan Asing

Baca: Kisah Menkes Terawan Agus, Dipaksa Istri Sarapan hingga Kebiasaan Traktir Karyawan

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat ditemui di depan ruang rapat kerja Komisi IX DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019).
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat ditemui di depan ruang rapat kerja Komisi IX DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019). (Tribunnews.com/ Apfia Tioconny Billy)

Kemudian peningkatan kualitas wisata kesehatan di Indonesia bertujuan untuk menambah lama durasi wisatawan mancanegara berkunjung di Indonesia.

Jika semakin lama durasi kunjungan wisatawannya asing lama di Indonesia maka potensi mereka menghabiskan uang di Indonesia juga akan lebih besar yang berarti ada peningkatan devisa.

“Makanya pada setiap travel peta tematik wisata kesehatan ya ya dipermudah dengan sistem pembayarannya mau pakai EDC, tap atau asuransi pokoknya harus dipermudah,” kata Menkes Terawan.

Terapi Kerokan di Limajari Refleksiologi.
Terapi Kerokan di Limajari Refleksiologi. (Surya/Wiwit Purwanto)
Halaman
12
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved