Breaking News:

Kamu Hobi Traveling? Jangan Lupa Vaksinasi Influenza Agar Liburan Tak Terganggu Flu

Penyakit influenza atau flu termasuk jenis penyakit yang mudah menular dan mudah membuat tidak enak badan.

Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Penyakit influenza atau flu termasuk jenis penyakit yang mudah menular dan mudah membuat tidak enak badan.

Penyebarannya memang sangat mudah karena bisa menyebar melalui udara, atau tertular karena memasukkan tangan ke mulut setelah memegang pusat virus seperti gagang pintu atau pegangan tangga.

Objek-objek tersebut bisa saja bekas dipegang oleh orang yang baru saja bersin, sehingga kita mudah tertular.

Gejala yang mendampingi flu inilah yang memberatkan penderitanya, misalnya bersin terus, menerus, sakit kepala, pegal-pegal hingga pusing.

Jangan sampai virus dan gejala ini mengganggu waktu liburan yang sudah dipersiapkan lama.

Untuk mencegahnya, sebelum pergi berlibur coba cek dulu kondisi kesehatan, kemudian perkuat antibodi dengan melakukan vaksinasi influenza yang bisa menanggal tertular influenza hingga 95 persen.

Petugas Bio Farma menyuntikkan vaksin influenza kepada petugas gorong-gorong, kebersihan, linmas se-Kecamatan Sukajadi di Kantor Bio Farma, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/9/2019). Pemberian vaksin gratis tersebut dalam rangka pencegahan penyakit influenza. Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas Bio Farma menyuntikkan vaksin influenza kepada petugas gorong-gorong, kebersihan, linmas se-Kecamatan Sukajadi di Kantor Bio Farma, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/9/2019). Pemberian vaksin gratis tersebut dalam rangka pencegahan penyakit influenza. Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

“Walaupun vaksin tidak ada yang menolong sampai 100 persen tapi setidaknya melakukan perlindungan hingga 95 persen. Jadi proteksinya lumayan, seandainya kena bukan flu yang berat,” ucap Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia, di acara Media Gathering Sanofi,di Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019).

dr. Iris menyebutkan vaksin influenza ini cukup dilakukan satu tahun sekali dan bisa dilakukan mulai dari anak berusia enam bulan.

Jadi cocok membantu daya tahan tubuh untuk yang hobi traveling.

Halaman
12
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved