5 Inovasi Produk Makanan Terbaik untuk Membantu Menanggulangi Stunting dan Anemia

Kompetisi yang bertemakan “inovasi dalam food design” ini diadakan untuk mencari dan memperkuat inovasi produk makanan lokal

5 Inovasi Produk Makanan Terbaik untuk Membantu Menanggulangi Stunting dan Anemia
ist
Pemenag inovasi produk makanan terbaik untuk membantu menanggulangi stunting dan anemia 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  I-PLAN Food Design Challenge, kompetisi tingkat nasional dalam bidang inovasi bisnis untuk meningkatkan nilai gizi dan mutu makanan, menghasilkan 5 inovasi produk makanan terbaik untuk membantu mengurangi masalah stunting pada anak berusia di bawah dua tahun dan anemia pada ibu hamil, ibu menyusui, dan remaja.

I-PLAN Food Design Challenge diinisiasi oleh Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, serta Jejaring Pasca Panen untuk Gizi Indonesia, dan diselenggarakan oleh Innovation Factory.

Kompetisi yang bertemakan “inovasi dalam food design” ini diadakan untuk mencari dan memperkuat inovasi produk makanan lokal, dengan memberikan bantuan teknis, dana pembinaan, serta kemudahan akses pada institusi keuangan dan fasilitas pasar bagi pengusaha makanan lokal yang berhasil melakukan inovasi. 

I-PLAN Food Challenge dimulai pada bulan Oktober 2019, dilanjutkan dengan roadshow ke 4 kota yaitu Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya, dan diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari startup, institusi, organisasi, asosiasi dan UMKM.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, 10 finalis tampil dalam final pitching day yang diadakan pada tanggal 13 Desember 2019 di Jakarta, di mana akhirnya terpilih 5 finalis dengan inovasi makanan terbaik.

Baca: Pemerintah Perlu Beri Perhatian Khusus pada Posyandu Jika Ingin Menurunkan Angka Stunting

Baca: Sebut 54 Persen Pekerja Indonesia Pernah Alami Stunting, Jokowi Prioritaskan Pembangunan SDM

Baca: Jokowi dalam Kompas 100 CEO Forum Targetkan Kasus Stunting Turun dari 27 persen ke 14 persen

“Kami bersyukur dengan begitu besarnya antusiasme masyarakat dalam mengikuti I-PLAN Food Design Challenge tahun ini, di mana kami telah menerima hampir 300 proposal. Kami melihat bahwa nilai gizi dan mutu makanan masih menjadi tantangan terbesar bagi negara berkembang seperti Indonesia, dan sangat penting memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk dapat terlibat dalam memecahkan masalah ini. Melalui I-PLAN Food Design Challenge, kami berharap kedepannya akan semakin banyak inovasi produk makanan yang bernutrisi dan dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat,” ucap Ravi K Menon, Country Director, Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) Indonesia.

Dalam final pitching day, yang diselenggarakan di BLOCK71, Jakarta, 10 finalis mempresentasikan inovasi produk makanan yang telah mereka kembangkan di hadapan para dewan juri yang berasal dari GAIN, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan perwakilan dari swasta.

Tahun ini, I-PLAN Food Design Challenge mencari inovasi produk makanan siap santap dan siap masak yang menggunakan bahan dasar produk air laut maupun air tawar, seperti ikan, rumput laut, kerang-kerangan, udang, dan cumi.

Bahan-bahan ini kaya akan nutrisi seperti protein, zat besi, kalsium, dan zinc, yang merupakan komponen penting untuk kesehatan.

Setelah melewati proses penjurian, dan disepakati oleh para juri, Biskuit Ikan Gabus Kelor, I-Fit Serealikan, Hokky Mie, Purulla, dan Uni Urchin berhasil menjadi 5 finalis dengan inovasi produk makanan terbaik, dan mendapatkan dana pengembangan senilai total Rp 1 Miliar Rupiah.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved