Breaking News:

Virus Corona

Lama Dinanti Akhirnya Obat Anti Virus Corona Ini Ditemukan, Kapan Diproduksi? Ini Perkiraannya

Lama Dinanti Akhirnya Obat Anti Virus Corona Ini Ditemukan, Kapan Diproduksi? Ini Perkiraannya

TRIBUN BATAM/ARGIANTO DIHAN AJI NUGROHO
Sejumlah wisatawan asal Malaysia tiba di Pelabuhan Internasional Batam Center, Batam, Selasa (28/1). Meningkatnya warga negara china yang terdeteksi virus corona di Singapura membuat pengawasan terhadap lalulintas warga negara asing maupun WNI diperketat untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia. (TRIBUN BATAM/Argianto Dihan Aji Nugroho) 

TRIBUNNEWS.COM - Bersyukurlah, vaksin untuk membasmi virus corona akhirnya ditemukan oleh ilmuwan. Lantas kapan diproduksi dan dipasarkan? Berikut ini perkiraan waktu dan momen yang pas. 

Wabah virus corona yang berasal dari Wuhan, China telah menjatuhkan banyak korban.

Sejauh ini (29/1/2020), pihak berwenang China mengumumkan 132 orang telah tewas akibat virus corona.

Kabar baiknya, ilmuwan Hong Kong telah mengembangkan vaksin untuk membasmi virus corona.

Akan tetapi, para ilmuwan mengungkapkan, mereka membutuhkan waktu untuk mengujinya.

ILUSTRASI - Hong Kong butuh waktu selama kurang lebih satu tahun untuk mengembangkan vaksin virus corona, sementara China mengklaim kurang dari 40 hari.
ILUSTRASI - Hong Kong butuh waktu selama kurang lebih satu tahun untuk mengembangkan vaksin virus corona, sementara China mengklaim kurang dari 40 hari. (AFP via SCMP)

Melansir South China Morning Post, para ilmuwan di China daratan dan Amerika Serikat juga secara terpisah berlomba untuk menghasilkan vaksin untuk virus corona baru, yang telah menewaskan lebih dari 100 orang dan ribuan terinfeksi.

Yuen, pimpinan umit penyakit menular di Universitas Hong Kong, mengungkapkan bahwa timnya sedang mengerjakan vaksin dan telah mengisolasi virus yang sebelumnya tidak diketahui dari kasus pertama di kota itu.

"Kami sudah memproduksi vaksin, tetapi akan membutuhkan waktu lama untuk menguji pada hewan," kata Yuen, tanpa memberikan kerangka waktu tertentu kapan vaksin itu siap untuk pasien.

 Virus Corona Meluas, Mahasiswa Indonesia di Wuhan Curhat ke Boy William & Luruskan Fakta yang Salah

 Mirip Pasar Wuhan Asal Virus Corona, Pasar Tomohon Bikin Merinding Bule Norwegia, Kelelawar Dibantai

Salah satu mahasiswa asal Riau, Rio Alfi bersama seorang anaknya sedang berada di Kota Wuhan, China, yang dilanda wabah virus corona, Senin (27/1/2020).
Salah satu mahasiswa asal Riau, Rio Alfi bersama seorang anaknya sedang berada di Kota Wuhan, China, yang dilanda wabah virus corona, Senin (27/1/2020). (kompas.com)

Kepada South China Morning Post, Yuen mengatakan akan butuh waktu berbulan-bulan untuk menguji vaksin pada hewan dan setidaknya satu tahun lagi untuk melakukan uji klinis pada manusia sebelum cocok untuk digunakan.

Peneliti HKU mendasarkannya pada vaksin influenza semprot hidung yang sebelumnya ditemukan oleh tim Yuen.

HALAMAN 2 ==========>

Editor: Agung Budi Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved