Virus Corona

Kenali Lagi Manfaat Jahe Dalam Jamu Empon-empon, Bisa Tingkatkan Imunias Tubuh

Jahe memang baik untuk kesehatan tubuh.Ada kandungan zink dan zat besi yang dibutuhkan tubuh agar tubuh tetap bugar dan mampu melawan virus.

Kenali Lagi Manfaat Jahe Dalam Jamu Empon-empon, Bisa Tingkatkan Imunias Tubuh
Shutterstock
Jahe. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Minuman empon-empon atau rempah-rempah khas Indonesia kini sedang naik daun karena memiliki khasiat untuk meningkatkan imunitas.

Empon-empon ini biasa tediri dari jahe maupun sereh, sehingga dua jenis rempah-rempah ini laris manis diburu pembeli.

Nutrition Expert YOUVIT, Puteri Aisyaffa menyebutkan menjelaskan jahe memang baik untuk kesehatan tubuh.

Detilnya ada kandungan zink dan zat besi yang dibutuhkan tubuh agar tubuh tetap bugar dan mampu melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

"Jahe memang dapat meningkatkan sistem imum melalui kandungan zink dan zat besinya," kata Puteri Aisyaffa melalui keterangan tertulisnya, Selasa (24/3/2020).

Merebaknya wabah virus Covid-19 membuat rempah-rempah semakin diminati mayarakat. Pedagang di Pasar Bersih Sentul City, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, menyediakan empon-empon karena minat masyarakat semakin tinggi membeli tanaman empon-empon yang lumrah dipakai sebagai bahan baku obat herbal seperti jamu ini, rabu (18/3/2020). Pedagang di pasar itu menjual Kunyit seharga Rp 20 ribu per kilogram, Pala Kunyit Rp 30 ribu per kilogram, Temulawak Rp 30 ribu per kilogram, Sereh Rp 20 ribu per kilogram, Jahe Merah Rp 80 ribu per kilogram, dan Jahe Paris Rp 20 ribu per kilogram.
 Warta Kota/Alex Suban
Merebaknya wabah virus Covid-19 membuat rempah-rempah semakin diminati mayarakat. Pedagang di Pasar Bersih Sentul City, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, menyediakan empon-empon karena minat masyarakat semakin tinggi membeli tanaman empon-empon yang lumrah dipakai sebagai bahan baku obat herbal seperti jamu ini, rabu (18/3/2020). Pedagang di pasar itu menjual Kunyit seharga Rp 20 ribu per kilogram, Pala Kunyit Rp 30 ribu per kilogram, Temulawak Rp 30 ribu per kilogram, Sereh Rp 20 ribu per kilogram, Jahe Merah Rp 80 ribu per kilogram, dan Jahe Paris Rp 20 ribu per kilogram. Warta Kota/Alex Suban (Alex Suban/Alex Suban)

Kemudian jahe juga punya kemampuan untuk menangkis infeksi dalam tubuh karena mampu merangsang respon pertahanan tubuh dari penyakit.

"Dari beberapa penelitian, jahe dapat merangsang respon defensif pada pernafasan atas dan mukosa atas, sehingga membantu menangkis infeksi," pungkas Puteri Aisyaffa.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved