Breaking News:

Virus Corona

Ahli Virologi Richard Sutejo: Tes Massal Sangat Efektif untuk Cegah Meluasnya Covid-19

Dengan adanya tes massal, maka pemerintah dapat memetakan pola penyebaran Covid-19.

IST
Penampakan virus Covid-19 setelah melalui proses pembesaran. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kontribusi institusi pendidikan makin dibutuhkan untuk membantu memerangi meluasnya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Sebagai bagian pengabdian kepada masyarakat, Indonesia International Institute for Life Science (i3L) ikut terjun melawan Covid-19.

Richard Sutejo, Ahli Virologi menjelaskan, virus Covid-19 ini merupakan tipe virus yang umum menyerang saluran pernafasan.

Richard menegaskan, strain covid-19 memiliki morbiditas dan mortalitas yang lebih tinggi akibat adanya mutasi genetik dan kemungkinan transmisi inter-spesies.

“Virus ini, seperti halnya pendahulunya, MERS dan SARS, bersifat mematikan karena menyerang paru-paru dan menimbulkan Acute Respiratory Distress Syndrome yang membahayakan nyawa penderita sehingga memerlukan ventilator untuk bertahan hidup,” kata Richard dalam keterangan resminya hari ini, Senin 13 April 2020.

Richard yang juga Head of Master in Bio Management i3L menjelaskan, selain menerapkan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSSB), salah satu cara efektif untuk menekan penyebaran Covid-19 adalah dengan melakukan tes massal.

Dengan adanya tes massal, maka pemerintah dapat memetakan pola penyebaran Covid-19 sehingga perencanaan dan antisipasi yang dilakukan dapat lebih tepat dan terarah.

“Rencananya i3l akan bekerjasama dengan PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) untuk membantu melakukan PCR test, memproduksi rapid test dan memberikan ide serta penelitian dari berbagai disiplin ilmu life sciences,” kata Richard.

Selain itu, i3L juga hendak berkolaborasi dengan Kalbe untuk melakukan pemeriksaan Covid-19 di KALGen Innolab. Saat ini, sedang dilakukan persiapan Laboratorium Jejaring Kalbe dan juga jadwal pemeriksaan Test Covid-19.

Baca: Omset Bisnis Ayam Geprek Bensu Terjun Bebas Gara-gara Corona

Sebelumnya, i3L telah berpartisipasi dengan gerakan Indonesia Pasti Bisa.

I3L serta beberapa lembaga lainnya turut serta bergabung berpartisipasi dengan Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 yang dibentuk Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Baca: Kisah Jenazah Dokter Dimakamkan Tanpa Menggunakan Peti di TPU Padurenan Bekasi

Penanganan ini bertujuan membangun basis data genomic untuk penelitian perawatan dan vaksin COVID-19 di Indonesia, serta melakukan pengembangan dan produksi massal test kit Covid-19 untuk populasi Indonesia. 

Baca: Gara-gara Pasien Berbohong, 76 Staf Medis RSUD Purwodadi Harus Jalani Rapid Test

“Dengan kontribusi ini kami harap i3L dapat membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia melawan pandemi Covid-19,” ujar Richard Sutejo.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved