Breaking News:

Virus Corona

Pusing dan Mual Saat Pandemi Covid-19? Simak Solusi dari Dokter Kandungan untuk Ibu Hamil Muda

Pandemi virus corona memunculkan ketakutan, khususnya bagi ibu hamil muda yang imunitasnya sedang turun dan muncul gejala seperti pusing dan mual.

pixabay.com
Ilustrasi ibu hamil 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM. JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) memunculkan ketakutan. Khususnya bagi ibu hamil muda yang imunitasnya sedang turun dan muncul gejala seperti pusing dan mual.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana (BKKBN) sekaligus dokter spesialis kandungan dr. Hasto Wardoyo Sp.OG(K), mengimbau agar ibu hamil muda tidak panik dan stres.

Tips yang pertama adalah istirahat di rumah saja untuk menghiondari penularan dan virus dan hindari hubungan seks saat hamil muda karena berbahaya bagi janin.

"Di rumah sajan dan yang penting jangan hubungan seksual saat hamil karena bisa menyebabkan tekanan dan keguguran," kata Hasto saat webinar launching Website Siap Nikah, Senin (4/5/2020).

Saat hamil muda dan makanan yang masuk selalu dimuntahkan karena mual coba untuk membuat wedang jahe secara alami.

Baca: Kabar Baik Dari Bali, Ibu Hamil Sembuh Dari Covid-19 dan Kini Telah Melahirkan Bayi Laki-laki

Baca: Ada Pantangan Menu Berbuka Puasa dan Sahur Bagi Ibu Hamil, Perhatikan Sederet Makanan Ini

Ambil jahe yang ada di dapur bersihkan dan rebus dengan air bersih, lalu diminum untuk meredakan rasa mual yang biasa terjadi pada tiga bulan kehamilan awal.

"Wedang jahe itu anti mual yang sangat baik tapi jahe yang asli ya beli jahe di warung atau diangkringanm itu malah asli, digeprek lalu direbus sendiri, masih asli dan murah lagi," ucap Hasto.

Kemudian kalau tidak bisa makan dan mibum disarankan untuk mengonsumsi es krim terlebih dulu karena es krim mengandung gula, protein dan lemak untuk jaga imunitas.

Baca: Mengatasi Bau Mulut Saat Jalani Ibadah Puasa

Baca: Gorengan Jadi Menu Favorit Buka Puasa, Bagaimana Meminimalisir Mudaratnya?

Es krim termasuk makanan yang cepat diserap oleh lambung sehingga mengurangi resiko semua yang dikonsumsi dimuntahkan kembali saat kembali terasa mual.

"Es krim cepat diserap di dalam labung mungkin tidak sampe dua jam udah hilang di lambung, sedangkan ibu hamil kalau makan tidak segra digerap makan jagung keluar jagung, yang pemting supaya hamil tetap sejat ngakalin dengan cara baik," ungkap Hasto.

Terakhir jika dokter kandungan memberikan vitamin jangan lupa untuk selalu dikonsumsi agar ibu dan janin tetap punya imunitas yang kuat.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved