Breaking News:

Viral Pedagang Ludahi Mangkuk Pelangganya, IDI Imbau Masyarakat Awasi Cara Pedagang Berjualan

Masyarakat perlu ikut mengawasi lingkungan sekitarnya, pedagang makanan minuman yang ada di lingkungannya dipastikan mematuhi standar kesehatan

TribunJakarta/ISTIMEWA/Instagram @manaberita
Tangkapan layar video rekaman CCTV, seorang pedagang bakso keliling diduga meludahi mangkuk bakso pembelinya, Senin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seorang pedagang bakso keliling berinisial WS tertangkap kamera CCTV warga di Jakarta Barat meludahi mangkuk pelanggannya, sebelum menyajikan bakso ke pelanggan.

Pada video yang viral tersebut WS memasukkan bumbu-bumbu bakso dulu ke dalam mangkuk, setelah lirik kiri kanan WS kemudian meludahi mangkuk sebelum menyiramkan kuah baksonya.

Menanggapi aksi tidak terpuji pedagang tersebut, Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Halik Malik berharap WS yang sudah ditangani Polsek Kembangan, Jakarta Barat juga diperiksa kesehatannya.

Pemeriksaan kesehatan tersebut disarankan karena ludah bisa menjadi media penularan penyakit termasuk covid-19 yang kini tengah menjadi pandemi.

Baca: Tukang Bakso Ini Ngaku Sengaja Ludahi Mangkuk Pelanggan Agar Dagangannya Laris

Baca: Ludahi Mangkuk Pelanggannya, Pedagang Bakso Masih Tunggu Pemeriksaan Corona dari Pemprov DKI Jakarta

"Jika memungkinkan dilakukan cek kesehatan kepada yang bersangkutan, ada berbagai penyakit yang menular melalui ludah atau droplet, bukan hanya covid-19 yang kita ketahui menjadi masalah kesehatan saat ini," kata dr. Halik kepada Tribunnews.com, Jumat (26/6/2020).

Kemudian dengan adanya kejadian ini selain pemerintah dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masyarakat diharapkan meningkatkan pengawasan kepada kebersihan penjual saat menjajakan jualan makananannya.

"Masyarakat perlu ikut mengawasi lingkungan sekitarnya, pedagang makanan minuman yang ada di lingkungannya dipastikan mematuhi standar kesehatan," ungkap dr. Halik.

Mengingat saat ini kasus covid-19 juga masih terus berkembang, IDI pun mengingatkan masyarakat agar melakukan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, dan menerapkan perilaku bersih dan sehat.

"Untuk mencegah bahaya penularan Covid-19 perilaku hidup bersih dan higienis menjadi salah satu kuncinya. Jadi imbauan dan anjuran dari IDI masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19," ucap dr. Halik.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved