Breaking News:

Tips Atasi Nyeri Pinggang, Perhatikan Posisi Tidur Sesuai Titik Sakitnya

Ada beberapa tahapan untuk mengatasi nyeri pinggang yang datang secara tiba-tiba atau diakibatkan kelelahan karena aktivitas berlebih.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada beberapa tahapan untuk mengatasi nyeri pinggang yang datang secara tiba-tiba atau diakibatkan kelelahan karena aktivitas berlebih.

Dokter Spesialis Bedah Orthopedi dan Traumalogi dr. Muki Patono SpOT menyebutkan cara pertama untuk mengurangi sakit adalah dengan tidur telentang dengan alas keras seperti matras.

"Istirahat tiduran terlentang di alas keras tiduran biasanya nyeri pinggang akan berkurang," kata dr. Muki saat live bersama RSPI, Kamis (16/7/2020).

Baca: Yang Acapkali Dikeluhkan Penderita Batu Ginjal, Sakit Pinggang hingga Mual dan Meriang

Tapi jangan panik saat tidur telentang malah nyeri punggung malag semakin jadi, tipsnya adalah duduk tekuk lutut yang dialasi bantal biasanya akan pulih.

Kemudian kalau hanya satu sisi pinggang yang sakit misalnya dari pinggang kanan sampai bagian paha maka tipsnya adalah lakukan posisi tidur miring ke sisi kiri.

Baca: Minum Air Berlebihan Picu Kerusakan Organ Ginjal

"Lakukan tidur miring ke sisi satu lagi yang tidak sakit, sakit di pinggang kanan kita hrus posisi tidur miring ke kiri dengan posisi kaki sedikit nekuk," ungkap dr. Muki.

Bisa juga dibantu dengan obat pereda nyeri dan memakai korset lumbal supaya ada penekanan di bagian pinggang untuk terapi syaraf.

Tapi kalau tidak punya korset lumbal bisa memakai korset yang biasa dipakai wanita setelah melahirkan untuk kembali menguruskan badan.

"Istirahatkan badan lalu pakai korset. Kalau gapunya korset lumbal, bapak-bapak pakai korset istrinya bekas lahiran. Itu sedikit membantu," pungkas dr. Muki.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved