Breaking News:

Makanan Siap Saji Maupun Siap Masak yang Kandungan Gizinya Tinggi Jumlahnya Terbatas dan Mahal

Riset juga menjelaskan bahwa 48,9% ibu hamil di Indonesia menderita anemia, tertinggi di dunia.

Makanan Bergizi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memiliki jumlah jumlah penduduk sebanyak 267 juta jiwa, Indonesia yang merupakan negara terbesar keempat di dunia dan telah berhasil melakukan pembangunan di berbagai sektor.

Namun, Indonesia masih menghadapi berbagai kendala, termasuk masalah dalam bidang gizi yang ditunjukkan dalam Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) Kementerian Kesehatan 2018, 1 dari 3 balita di Indonesia mengalami stunting.

Riset juga menjelaskan bahwa 48,9% ibu hamil di Indonesia menderita anemia, tertinggi di dunia.

Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Dhian Proboyekti menyatakan, status gizi masyarakat mengalami perbaikan namun masih diatas ambang batas masalah kesehatan sehingga ini tetap jadi tantangan yang perlu mendapat perhatian.

"Penyebab masalah gizi multifaktorial dan penanganannya tentu perlu keikutsertaan semua sektor pada tingkat masyarakat terkait konsumsi makanan sebagai penyebab langsung," kata Dhian di saat pengumuman pemenang I-PLAN Business Innovation Challenge di Jakarta belum lama ini.

Baca: Lenny Nurhayanti Rosalin: Makanan Bergizi untuk Anak Hingga Sanitasi di Lingkungan Tempat Tinggal

Apalagi masih banyak yang belum memahami mengenai pentingnya gizi yang terkandung di dalam makanan.

"Selain itu pilihan makanan siap saji atau siap masak yang mengandung gizi baik masih relatif terbatas didapatkan atau relatif mahal," katanya.

Berbagai kesulitan ini mendorong Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) Indonesia menyelenggarakan I-PLAN Business Innovation Challenge.

Acara ini dimaksudkan agar muncul inovasi produk makanan olahan dari kekayaan sumber laut Indonesia yang bergizi, lezat, dengan harga terjangkau dan dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved