Breaking News:

Kominfo: Kelompok Informasi Masyarakat Bantu Sosialisasikan Penggunaan Masker

KIM adalah kelompok yang aktif mengelola dan menyebarkan informasi kepada masyarakat secara swadaya.

tangkap layar
Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Prof Dr Widodo Muktiyo dalam webinar bertajuk “Tampil Sebagai Pemenang di Masa New Normal”, Kamis (25/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) turut membantu pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam mensosialisasikan penggunaan masker guna menekan penularan Covid-19.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Prof. Dr. Widodo Muktiyo mengatakan pemerintah terus berupaya mencari strategi terbaik dengan menggandeng berbagai stakeholder strategis termasuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

“Masker melekat kepada kehidupan kita. Sama seperti dulu saat kita membiasakan diri pakai helm ketika berkendara motor. Kalau belum pakai masker, rasanya belum aman keluar rumah, ada yang kurang,” ujar Prof. Dr. Widodo Muktiyo dalam kegiatan webinar berjudul Adaptasi Kebiasaan Baru: Disiplin Pakai Masker, Tetap Produktif dan Aman Covid-19 di Jakarta, Sabtu (29/8/2020).

Widodo mengapresiasi peran KIM yang telah berperan aktif membantu pemerintah mendisiplinkan warga agar senantiasa menggunakan masker ketika berkegiatan di luar rumah.

"Ini menunjukkan telah terbangunnya kesadaran bahwa kita memiliki musuh yang harus dilawan bersama. Dan ini dapat menjadi pilar penting bagi kita semua dalam menyukseskan diseminasi informasi,” jelas Widodo.

KIM adalah kelompok yang aktif mengelola dan menyebarkan informasi kepada masyarakat secara swadaya. 

Konsep tersebut merupakan sebuah pengembangan paradigma pola komunikasi di masyarakat, bukan lagi communication to people namun communication with people. 

Langkah Kemkominfo memberdayakan KIM dalam sosialisasi protokol pencegahan Covid-19 diapresiasi oleh Ketua Umum Pengurus Besar IDI  dr. Daeng M Faqih.

"Yang perlu kita sadari bersama bahwa pertambahan kasus Covid-19 setiap harinya masih cukup tinggi yakni di atas 2.000. Jadi Covid-19 masih menjadi ancaman bagi kita semua," ujar dr. Daeng M Faqih.

Senada dengan Faqih, Tim Pakar Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah, turut memberikan dukungan. 

"Apresiasi yang luar biasa bagi KIM, sudah bergerak begitu kencangnya untuk menjadi agen perubahan di tengah masyarakat. Selalu kompak, jaga kesehatan dan daya tahan tubuh, terus bergotong royong utk menghadirkan sebuah perubahan di negeri ini," imbuh Dewi.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved