Breaking News:

Khawatir ke Dokter Gigi, Ayo Konsultasi Online di Peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2020

Menjaga kesehatan gigi dan mulut penting. Di tengah pandemi Covid-19, kekhawatiran mengunjungi dokter gigi tentu dirasakan masyarakat.

craigarmstrongdds.com
Ilustrasi gigi. - Cara Memutihkan Gigi 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjaga kesehatan gigi dan mulut penting. Di tengah pandemi Covid-19, kekhawatiran mengunjungi dokter gigi tentu dirasakan masyarakat.

Dalam rangka peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2020 di tengah pandemi Unilever melalui brand Pepsodent bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) berkolaborasi dengan mengajak masyarakat menjadi #PahlawanSenyum melalui serangkaian kegiatan edukasi promotif dan preventif secara online.

Melalui, semangat #MerdekakanSenyum, Pepsodent  mengoptimalkan inovasi  konsultasi dengan dokter gigi berbasis online melalui Official WhatsApp Tanya Pepsodent di nomor 0878-8876-8880.     

Baca juga: Tasya Kamila Manfaatkan Konsultasi Online dengan Dokter Gigi saat Pandemi Covid-19

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent.,MDSc, Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever mengatakan, sejak dirilis pada bulan April 2020, sudah lebih dari 7.000 orang yang melakukan konsultasi online dengan dokter gigi melalui Official WhatsApp Tanya Pepsodent.

Screenshoot
Screenshoot "Konferensi Pers Peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2020". (Tribunnews.com/Rina Ayu)

"Konsultasi online kini jadi semakin penting dan relevan,untuk membantu menjawab permasalahan gigi dan mulut masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Pandemi tidak menghalangi kami untuk terus berinovasi dan beradaptasi dalam memajukan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia,” jelas Drg.Ratu dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (12/11/2020).

Drg.Ratu melanjutkan, melalui BKGN 2020, Pepsodent menegaskan komitmennya dan mengajak masyarakat menjadi #PahlawanSenyum untuk #MerdekakanSenyum Indonesia.

"Bahkan di saat pandemi, karena setiap senyuman begitu berarti,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PB PDGI Drg. RM Sri Hananto Seno, Sp. BM(K), MM. menyambut positif inovasi ini.

Ia mengatakan, layanan konsultasi online dengan dokter gigi juga dapat menjawab permasalahan akan akses konsultasi dokter gigi yang belum merata di Indonesia.

Data Profil Kesehatan Nasional 2019 menunjukkan bahwa secara nasional 38,8% puskesmas masih belum memiliki dokter gigi sesuai syarat minimal dari pemerintah.

"Adanya layanan konsultasi online ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat umum, para dokter gigi dan juga mahasiswa FKG secara luas," harap Seno dikesempatan yang sama.

Hal yang sama juga diamini, Ketua AFDOKGI Dr. Nina Djustiana, drg., M.Kes, pandemi Covid-19 mengingatkan  pentingnya sikap adaptif dan inovatif dalam menghadapi perubahan, baik dalam praktik, konsultasi, dan edukasi masyarakat.

Hingga kini RSGM masih bersiap untuk membuka kembali layanannya, dan dengan kondisi saat ini.

"Kami perlu beradaptasi dengan protokol kesehatan yang berlaku. Untuk itu kami sangat mengapresiasi dukungan Unilever berupa alat pengendali kontrol infeksi di RSGM, dan juga pemanfaatan teknologi melalui konsultasi online dengan dokter gigi yang sangat membantu dalam triase dan skrining awal," jelas Drg.Nina.  

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved