Breaking News:

5 Trik Dari Ahli untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Si Anak Usia 5 sampai 12 Tahun

Ini 5 trik dari berbagai ahli yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mendukung tumbuh kembang anak lebih optimal, yang tinggi, tangguh dan tanggap.

freepik.com/prostooleh
Mengajak anak olahraga bersama jadi satu dari 5 Trik Dari Ahli untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Si Anak Usia 5 sampai 12 Tahun 

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Lilis Setyaningsih

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masa balita (bawah lima tahun) interaksi si kecil lebih banyak di rumah dan keluarga inti.

Memasuki usia 5 tahun, anak-anak mulai lebih terpapar dengan berbagai kegiatan serta lingkungan baru. Lingkup sosialnya pun menjadi lebih luas, karena tidak hanya berinteraksi dengan keluarga inti.

Pada usia ini juga si kecil bersiap memasuki sekolah dengan pelajaran akademis serta sejumlah aktivitas yang membutuhkan energi yang cukup.

Masa-masa ini berperan penting sebagai fondasi pertumbuhan fisik, mental, dan kemampuan sosialisasi mereka.

Oleh karena itu, orangtua pun harus mempersiapkan fase tumbuh kembang anak usia 5-12 tahun dengan sebaik-baiknya.

Namun, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi si kecil pada rentang usia tersebut adalah kekurangan nutrisi yang memadai.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) dari Kementerian Kesehatan RI, angka stunting atau pertumbuhan terhambat di kalangan anak-anak Indonesia masih sangat tinggi, yaitu 31 persen.

Selain itu, diperkirakan bahwa 70 persen dari anak-anak usia sekolah (5-12 tahun) hanya menyerap sebagian kecil nutrisi dari makanan mereka sehari-hari. Artinya, masih banyak anak Indonesia yang masih kekurangan nutrisi seimbang untuk mendukung pertumbuhan optimal.

Berikut ini adalah 5 trik dari berbagai ahli yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mendukung tumbuh kembang anak lebih optimal, yang tinggi, tangguh, tanggap.

Halaman
123
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved