Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum Dimulai Pertengahan Februari

Setelah kelompok prioritas tenaga kesehatan dan mendapat suntikan vaksin Sinovac, program vaksinasi selanjutnya akan dilanjutkan pada masyarakat umum

WARTAKOTA/Nur Ichsan
Puskesmas Jalan Kutai, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, menggelar vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan di lingkungannya, Senin (25/1/2021). Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19, mengingat para nakes merupakan kalangan yang rebtan terpapar Covid-19. (WARTAKOTA/Nur Ichsan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Program vaksinasi Covid-19 sudah disuntik sejak 14 Januari 2021 lalu, dimulai dengan suntikan pertama terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Negara, lalu dilanjutkan dengan suntikan kepada para tenaga kesehatan, TNI, Polri, dan tenaga pelayanan publik.

Setelah kelompok prioritas itu mendapat suntikan vaksin Sinovac, program vaksinasi selanjutnya akan dilanjutkan pada masyarakat umum.

Presiden Jokowi menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat itu akan dimulai pada pertengahan Februari 2021.

”Tahapan (vaksinasi) ini sesuai yang saya sampaikan awal, pertama prioritas tenaga kesehatan, dokter, dan perawat. Ini prioritas. Kemudian berikutnya TNI, Polri dan pelayan publik serta masyarakat," kata Jokowi usai menerima vaksinasi dosis kedua di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1).

"Saya kira Februari, nanti berbarengan, pertengahan bisa masuk ke sana (vaksinasi masyarakat umum)," lanjutnya.

Dikutip dari Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), vaksinasi Covid-19 digelar dalam empat tahap.

Baca juga: Percepat Vaksinasi Covid-19, Menkes Ubah Cara Pendaftaran Penerima Vaksin, Dilakukan Manual

Tahap pertama, vaksinasi tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Baca juga: Presiden Jokowi Ungkap Perbedaan Vaksinasi Dosis Pertama dan Kedua

Total sasarannya mencapai 1,3 juta orang.

Kemudian tahap kedua, 17,4 juta vaksin untuk petugas publik dan 21,5 juta untuk lansia. Tahap ketiga, masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi berjumlah 63,9 juta.

Lalu tahap keempat, masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin, dengan target 77,4 juta orang.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved