Breaking News:

Penanganan Covid

1 Juta Nakes Ikut Vaksinasi Covid-19, Jubir: 800 Laporan Efek Samping Ringan

Laporan KIPI yang ringan dan tidak serius, memiliki hasil yang sama dari uji klinik vaksin Sinovac yang dilakukan baik di Bandung maupun Brazil.

SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
VAKSINASI NAKES LANSIA - Vaksinator RS Husada Utama melakukan vaksinasi kepada nakes, Senin (8/2). RS Husada Utama mulai melakukan vaksinasi kepada nakes lansia dimana hari pertama diikuti 22 nakes lansia. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Jubir vaksinasi Covid-19 dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, lebih dari satu juta tenaga kesehatan menerima suntikan vaksin Covid-19 Coronavac.

Dari jumlah tersebut tidak ditemukan kejadian ikutan Pascaimunisasi atau KIPI yang bermakna.

Ia melanjutkan, ada sekitar 800 laporan berkaitan dengan KIPI, namun dengan gejala yang ringan.

"Kejadian ikutan pasca imunisasi ini ada sekitar 800 laporannya tetapi semua itu semuanya merupakan gejala-gejala yang ringan," ujarnya dikutip dari diskusi virtual FMB 9, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: 7,5 Juta Vaksin Covid-19 Diproduksi Bio Farma, Petugas Pelayanan Publik Jadi Sasaran Vaksinasi

Menurutnya, laporan KIPI yang ringan dan tidak serius memiliki hasil yang sama dari uji klinik vaksin Sinovac yang dilakukan baik di Bandung maupun Brazil.

"Ini sebenarnya sesuai dengan hasil uji klinik yang kita dapatkan sebelumnya baik dari Bandung maupun dari studi di Brazil," terang dia.

Dikutip dari keterangan Kemenkes Selasa (15/2/2021), hingga pukul 14.00 WIB, tercatat 1.096.095 tenaga kesehatan dan SDM mendukung kesehatan telah menerima vaksin Covid-19 Sinovac dosis pertama.

Sementara itu, tercatat 482.625 tenaga kesehatan telah mendapat dosis kedua.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved