Breaking News:

Gaya Hidup dan Genetik Diduga Jadi Faktor Pemicu Kanker Otak, Termasuk Radiasi Ponsel?

Ada sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab seseorang terkena kanker otak.Selain paparan radiasi dari gadget yang merupakan bagian dari gaya hidup

jammulinksnews.com
Radiasi smartphone 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dokter Spesialis Neurologi dari RSPON Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta, dr. Chairunissa, Sp.N mengatakan ada sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab seseorang terkena kanker otak.

Selain paparan radiasi dari gadget yang merupakan bagian dari gaya hidup (life style), faktor lainnya yang diduga bisa memicu adalah faktor genetik.

"Tidak hanya masalah radiasi dari handphone, diduga tentunya yang pertama adalah genetik, kemudian lifestyle atau gaya hidup," ujar dr Chairunissa, dalam talkshow melalui Instagram bertajuk 'Sakit Kepala Akibat Penyakit Kanker Otak', Kamis (18/2/2021).

Kendati menduga ada sejumlah faktor yang memicu munculnya kanker otak, ia mengakui bahwa hingga saat ini belum diketahui secara pasti terkait penyebab seseorang bisa menderita penyakit ini.

"Jadi sebenarnya teori dari penyebab kanker otak sampai sekarang belum ada yang memastikan apa penyebab tepatnya," kata dr Chairunissa.

Faktor genetik dianggap mampu meningkatkan risiko seseorang terkena kanker otak.

Jika seseorang tersebut memiliki keluarga yang punya riwayat pernah menderita kanker, maka ia berpotensi mengalami penyakit yang sama.

Sementara untuk orang yang terpapar radiasi dengan dosis tinggi dan dalam jangka waktu yang lama, dianggap memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker.

Ada pula yang menyebut faktor gaya hidup seperti memiliki kebiasaan merokok dapat berdampak pula pada peningkatan risiko kanker otak.

Karena kandungan bahan kimia dalam rokok dianggap bisa merusak sel-sel tubuh.
Perlu diketahui, kanker otak muncul karena adanya pertumbuhan sel tidak normal (tumor) yang bersifat ganas pada otak.

Sel kanker ini dapat menguasai darah dan nutrisi dari sel sehat yang ada dalam tubuh.

Kanker otak ini ada yang berasal dari sel otak sendiri, atau disebut sebagai kanker otak primer.

Ada pula kanker otak sekunder atau sel kanker yang berasal dari bagian tubuh lainnya yang menyebar (metastasis) hingga ke otak.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved