Breaking News:

Ibu Hamil Wajib Jaga Kesehatan Gigi, Jangan Biarkan Infeksi, Berbahaya untuk Janin

Menjaga kesehatan gigi menjadi sangat penting pada ibu hamil. Jika tidak akan menyebabkan gangguan yang berbahaya. Mengapa?

Freepik
Ilustrasi ibu hamil 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjaga kesehatan gigi menjadi sangat penting pada ibu hamil. Jika tidak akan menyebabkan gangguan yang berbahaya. Mengapa?

Drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati menjelaskan terkait pentingnya perawatan gigi dan gusi jelang atau saat kehamilan.

Kepada pembaca Tribunnews.om dalam kanal YouTube Sapa Dokter Tribunnews.com, Jumat, (19/2/2021) dokter cantik yang biasa dokter Ana ini menjelaskan jika selama ini banyak mitos mengenai dilarangnya ibu yang sedang hamil untuk mengobati gigi atau mencabutnya.

Penulis di rubrik konsultasi kesehatan gigi dan mulut Tribunnews.com ini mengingatkan pada ibu hamil tak menunda melakukan perawatan gigi jika ada gejala tak beres pada organ pengunyah ini.

Baca juga: Pas Banget Dikonsumi Ibu Hamil, Ini 7 Manfaat Konsumsi Alpukat 

Baca juga: Kebiasaan yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Gigi

"Kurang rajin merawat kesehatan gigi dan mulut itu bisa memicu kejadian yang memperparah kesehatan gigi, dan jaringan pendukung gigi maupun rongga mulut dari ibu yang sedang mengandung/merencanakan kehamilan," ujar dokter yang praktek di RS Permata Pamulang ini. 

Drg. Anastasia juga menjelaskan penyebab sakit gigi saat kehamilan bisa disebabkan adanya anomali atau hal lain yang disebabkan karena sensitfitas saat sedang hamil.

Kebersihan sikat gigi di hotel
Kebersihan sikat gigi di hotel (defactodentists.com)

"Ngilu dan sakitnya lebih kuat dibanding sebelum kehamilan," ujarnya.

Namun, akan lebih baiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan/gigi. Dan tentu dukungan dari orang terdekat, terutama suami.

Kesehatan gigi setelah mengandung bagi ibu hamil dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan jaringan dalam rongga mulut.

Apabila ada anomali sesegera mungkin dikonsultasikan dan dirawatkan ke dokter gigi.

drg RNgt Anastasia Ririen Pramudyawati
drg RNgt Anastasia Ririen Pramudyawati (facebookdrg RNgt Anastasia Ririen Pramudyawati)

Apabila kita tidak menjaga kondisi kesehatan rongga mulut, akan menyebabkan infeksi.

"Nah, infeksi ini akan berpengaruh ke janin, dan menyebabkan kelahiran prematur. Itu mengapa kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan penting dan wajib.

Selain itu ketersediaan kalsium harus tersedia saat sedang hamil, dan idealnya jauh sebelum kehamilan direncanakan.

Alasannya, perubahan hormon yang sedang berlangsung karena kehamilan, akan berpengaruh pada kondisi kesehatan gigi dan rongga mulut.

Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved