Breaking News:

Penanganan Covid

Anda Punya Riwayat Asma? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Vaksinasi Covid-19

Tidak semua orang bisa mengikuti vaksinasi Covid-19. Ada syarat medis yang mesti dipenuhi sebelum menerima suntikan vaksin.

boldsky.com
Ilustrasi asma 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tidak semua orang bisa mengikuti vaksinasi Covid-19. Ada syarat medis yang mesti dipenuhi sebelum menerima suntikan vaksin.

Dari daftar rekomendasi yang dikeluarkan Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) pada 9 Februari lalu, disebutkan penyakit kronik termasuk Asma yang sedang dalam kondisi akut atau yang belum terkendali, belum dapat divaksinasi.

Namun tidak semua orang dengan riwayat asma tidak bisa menerima suntikan vaksin covid-19.

Baca juga: Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Para Lansia Sebelum Vaksin

Baca juga: Vaksinasi untuk 447 Ribu Orang di Lingkungan TNI Ditargetkan Rampung April

Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr. Agus Dwi Susanto ada kondisi tertentu yang memperbolehkan seseorang yang memiliki riwayat asma bisa diberi vaksin, yakni penderita asma yang terkontrol baik.

Petugas medis menyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac dosis pertama kepada seorang pejabat Pemerintah Kota Bandung pada pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelayan Publik Pemerintah Kota Bandung, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (2/3/2021). Kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap ke-2 secara massal itu diperuntukan bagi pemuka agama, anggota DPRD Kota Bandung dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bandung. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
Petugas medis menyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac dosis pertama kepada seorang pejabat Pemerintah Kota Bandung pada pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelayan Publik Pemerintah Kota Bandung, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (2/3/2021). Kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap ke-2 secara massal itu diperuntukan bagi pemuka agama, anggota DPRD Kota Bandung dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bandung. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Syaratnya adalah gejala kurang dari dua kali per minggu, tidak terbangun malam hari tanpa keterbasatan aktivitas, dan tak butuh pelega lebih dua kali per minggu.

"Dengan syarat itu penderita asma boleh menerima vaksinasi," ujar Agus dalam keterangannya, Rabu (3/3/2021).

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved