Breaking News:

Jangan Asal Minum, Ini Tips Memilih Produk Herbal yang Aman untuk Daya Tahan Tubuh

Melansir Alodokter, ada beberapa tips memilih produk herbal yang aman. Di antaranya, Anda wajib memeriksa apakah produk tersebut sudah terdaftar BPOM

Admin: Sponsored Content
Shutterstock

TRIBUNNEWS.COM - Banyak obat maupun suplemen berbahan herbal yang sering dimanfaatkan untuk memelihara kesehatan. Beberapa produk herbal juga dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Lantas, bagaimana agar Anda dapat memilih produk herbal yang tepat?

Melansir Alodokter, ada beberapa tips memilih produk herbal yang aman. Di antaranya, Anda wajib memeriksa apakah produk tersebut sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

Selain itu, teliti juga nama perusahaan yang membuat produk herbal. Perusahaan yang sudah memiliki kredibilitas di masyarakat Indonesia tentu dapat lebih diandalkan. 

Selanjutnya, penting untuk memeriksa beberapa hal pada label produk herbal, seperti informasi tentang bahan baku obat, efek samping, formula standar, petunjuk pengonsumsian, dan peringatan penggunaan. Anda juga perlu mengikuti petunjuk label dan mengonsumsinya sesuai dosis yang dianjurkan.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat herbal. Jika mengalami efek samping, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Memilih produk herbal yang sudah teruji khasiatnya

Yang tak kalah penting, Anda juga perlu meneliti apakah produk tersebut memiliki klaim yang sudah terbukti atau belum. Apalagi, di era kebebasan informasi seperti saat ini, banyak produk herbal yang memiliki klaim setinggi langit, namun belum lolos uji klinis. Biasanya untuk uji klinis produk seperti membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun, masyarakat tak perlu khawatir, sebab ada produk herbal yang teruji klinis untuk menjaga kesehatan dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu produk herbal yang terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah Tolak Angin, produksi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.

Jurnalis senior, CEO BenihBaik.com, sekaligus brand ambassador Tolak Angin, Andy F. Noya, mengajak masyarakat untuk memilih produk yang sudah terbukti secara ilmiah seperti Tolak Angin.

“Pada masa sulit ini banyak kesempatan untuk berbuat baik, tapi harus pintar jaga kesehatan, kalau saya hanya percaya yang punya bukti ilmiah,” ungkap Andy F. Noya.

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Irwan Hidayat bersama Andy F. Noya yang kini dipercaya sebagai Duta Tolak Angin.
Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Irwan Hidayat bersama Andy F. Noya yang kini dipercaya sebagai Duta Tolak Angin.

Sudah melalui uji khasiat

Tolak Angin berkhasiat untuk mengatasi masuk angin dan gejalanya seperti badan kedinginan, pusing, meriang, kembung, batuk-batuk, mabuk perjalanan, mual, tenggorokan kering. Di samping itu, Tolak Angin juga sudah melalui uji khasiat dan terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Hasil uji khasiat membuktikan minum 2 sachet Tolak Angin setiap hari terbukti dapat meningkatkan jumlah Sel T sebagai indikator meningkatnya imunitas tubuh.

Melansir berita Tribunnews pada 28 Juli 2020, Tolak Angin dikatakan telah membuktikan kemanjurannya dari hasil uji khasiat pada tahun 2007 lalu. 

Bukan sekadar klaim, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang dalam melakukan uji khasiat.

Edi Dharmana, professor selaku pemimpin dari tim penelitian tersebut memaparkan, “Sel-T sangat penting untuk ketahanan tubuh terhadap penyakit. Berdasarkan hasil penelitian yang saya lakukan, Tolak Angin bermanfaat untuk melawan infeksi dan/atau menjaga tubuh dari serangan penyakit karena Tolak Angin dapat meningkatkan fungsi fagositosis makrofag dan jumlah sel-T.”

Karena telah terbukti secara ilmiah, Edi mengatakan, mengkonsumsi Tolak Angin sebanyak 2 sachet setiap hari selama 7 hari dapat meningkatkan fungsi fagositas makrofag dan jumlah sel T sebagai indikator meningkatnya imunitas tubuh.

Di samping itu, Anda juga disarankan untuk menjaga protokol kesehatan secara ketat untuk memaksimalkan pencegahan penularan penyakit.

Sido Muncul Tolak Angin sachet

Sudah uji toksisitas

Sementara itu, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan, selain melakukan penelitian dengan universitas ternama, pihaknya juga membangun laboratorium sendiri agar memastikan kualitas setiap produk. Sebagai produk herbal, Tolak Angin juga sudah mengantongi sertifikat Obat Herbal Terstandar (OHT) dari BPOM.

Pada tahun 2002, Sido Muncul juga melakukan Uji Toksisitas yang dipimpin oleh Apt. Ipang Djunarko, M.Sc dari Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma pada produk Tolak Angin.

Hasilnya Tolak Angin aman dikonsumsi dalam jangka panjang sesuai dosis yang dianjurkan, tidak merusak organ tubuh pria maupun wanita seperti ginjal, liver, dan lainnya.

Selain itu, kandungan dalam Tolak Angin pun sudah terukur dan disesuaikan sehingga maksimal dalam mengembalikan kondisi tubuh menjadi prima.

Produk Tolak Angin memiliki varian yang beragam. Selain Tolak Angin, ada juga Tolak Angin Sugar Free yang aman untuk penderita diabetes, Tolak Angin Flu, Tolak Angin Anak, Tolak Angin Tablet, Permen Tolak Angin, Permen Tolak Angin Bebas Gula dan Tolak Angin Care.

 Yuk, pilih yang punya bukti ilmiah, orang pintar minum Tolak Angin. Oh ya, agar jauh lebih praktis dan aman, Anda bisa membeli online di Official Store Sido Muncul di marketplace kesayanganmu seperti Tokopedia, Shopee, Blibli. Bukalapak dan Lazada. Atau, Anda bisa langsung klik di sini untuk dapatkan produknya. Semoga sehat selalu!

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved