Breaking News:

Ramadan 2021

Ingin Tetap Bugar dan Sehat Selama Puasa? Hindari Gorengan, Gula dan Sirup

Mengkonsumsi nutrisi yang tepat, tentunya menjadi hal wajib bagi setiap muslim agar ibadah puasanya tetap lancar.

NET
Ilustrasi puasa 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengkonsumsi nutrisi yang tepat, tentunya menjadi hal wajib bagi setiap muslim agar ibadah puasanya tetap lancar selama bulan Ramadan.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Pondok Indah dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK mengatakan bahwa saat berpuasa, tubuh tetap harus bisa beraktivitas seperti biasa, meskipun durasi waktu untuk mengkonsumsi makanan menjadi lebih terbatas.

Oleh karena itu, penting bagi mereka yang berpuasa untuk memilih makanan kaya nutrisi agar puasa dan aktivitas sehari-hari tetap lancar.

"Karenanya sangat penting memilih jenis asupan agar waktu makan yang hanya sebentar itu benar-benar dapat menjadi waktu pengisian 'bahan bakar' agar anda tetap optimal beraktivitas seharian," ujar dr Tirta, dalam keterangan resminya, Senin (12/4/2021). 

Baca juga: Tips Sederhana dan Daftar Periksa untuk Gaya Hidup Sehat dan Kebugaran

Baca juga: Resep Aneka Minuman Khas Sulawesi Selatan, Cocok Dinikmati saat Buka Puasa

Ia kemudian menjelaskan bahwa poin terpenting dalam menjaga tubuh agar tetap sehat selama Ramadan adalah memastikan kebutuhan zat gizi harian terpenuhi pada saat sahur dan berbuka puasa.

"Anda perlu mengetahui kebutuhan energi total dalam sehari dan komposisi zat gizi makro anda. Rata-rata setengah dari kebutuhan energi berasal dari karbohidrat, 30 persen dari lemak, dan 15 persen dari protein," kata dr Tirta.

Gorengan juga patut dihindari oleh diabetesi.
Gorengan juga patut dihindari oleh diabetesi. (Shutterstock)

dr Tirta pun memberikan tips agar tubuh lebih bugar dan sehat meskipun sedang berpuasa.

"Memilih jenis lemak yang baik dan mengurangi goreng-gorengan akan membuat tubuh lebih bugar. Pastikan sumber karbohidrat berasal dari bahan karbohidrat kompleks dan sedapat mungkin hindari karbohidrat sederhana, seperti gula dan sirup," pungkas dr Tirta.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved