Breaking News:

9 Ribu Warga India Terinfeksi Jamur Hitam, Apa Ini Termasuk Penyakit Menular ?

ndia saat ini tidak hanya menghadapi lonjakan kasus virus corona (Covid-19) saja, namun juga infeksi jamur hitam (Mucormycosis). Ini penyakit menular?

Indianexpress/ representational, Express photo by Abhinav Saha
Satu contoh kasus infeksi jamur putih di India. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI - India saat ini tidak hanya menghadapi lonjakan kasus virus corona (Covid-19) saja, namun juga infeksi jamur hitam (Mucormycosis) yang disebabkan jamur Mucormycetes.

Infeksi jamur hitam biasanya dialami oleh mereka yang memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh dan kadar gula darah tinggi.

Apakah penyakit ini bisa menular?

Dikutip dari laman Al Jazeera, Selasa (25/5/2021), jamur hitam tergolong sebagai penyakit yang tidak menular, artinya tidak dapat menyebar melalui kontak antara manusia maupun hewan.

Baca juga: Biasa Setahun Catat 20 Kasus Jamur Hitam, Kini India Lapor 9.000 Kasus Infeksi Ini Selama Pandemi

Baca juga: Infeksi Jamur Hitam Disebut Lebih Bahaya Dibanding Jamur Putih

Kendati demikian, penyakit ini tetap perlu diwaspadai karena dapat menyebar dari spora jamur yang ada di udara atau di lingkungan sekitar, yang hampir tidak mungkin dihindari oleh manusia.

Seperti yang disampaikan Kepala Rumah Sakit Khusus Mata Narayana Nethralaya, K Bhujang Shetty.

"Bakteri dan jamur sebenarnya sudah ada dalam tubuh kita, tetapi mereka terus diperiksa oleh sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan turun karena pengobatan kanker, diabetes atau penggunaan steroid, maka organisme ini berpeluang untuk berkembang biak," kata Shetty.

ILUSTRASI Infeksi Jamur - Fotomikrograf memperlihatkan sporangium dewasa dari jamur Mucor sp. Mucor sp adalah jamur dalam ruangan yang umum, dan merupakan salah satu jamur penyebab kelompok infeksi yang dikenal sebagai zygomycosis.
ILUSTRASI Infeksi Jamur - Fotomikrograf memperlihatkan sporangium dewasa dari jamur Mucor sp. Mucor sp adalah jamur dalam ruangan yang umum, dan merupakan salah satu jamur penyebab kelompok infeksi yang dikenal sebagai zygomycosis. (CDC / DR LUCILLE GEORG / BSIP / BSIP via AFP)

Lalu apa itu Mucormycosis?

Mucormycosis adalah infeksi jamur yang menyebabkan hidung menghitam atau berubah warna, penglihatan kabur, nyeri dada, kesulitan bernafas hingga batuk darah.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved