Virus Corona

Banyak Anak Terpapar Covid-19, Saat di Kecil Batuk, Ini Cara Mengenali Itu karena Virus atau Alergi

Tidak semua orangtua harus curiga anak terpapar Covid-19, karena mungkin saja batuk dan pilek anak disebabkan oleh alergi.

net
Banyak Anak Terpapar Covid-19, Saat di Kecil Batuk, Ini Cara Mengenali Itu karena Virus atau Alergi 

TRIBUNNEWS.COM - Maraknya kasus Covid-19 pada anak yang semakin menggila, tak ayal membuat sebagian orangtua panik.

Bahkan, beberapa orangtua mengajarkan penerapan protokol kesehatan terhadap anak-anaknya agar terhindar dari virus corona (Covid-19).

Sayangnya, belum semua anak-anak bisa menerapkan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker dengan benar.

Baca juga: Anak Alergi Susu Sapi? Ganti Apa untuk Makanan si Kecil? Saran Dokter Susu Protein Hidrolisa Parsial

Baca juga: Setiap Minggu Dua Anak Meninggal karena Covid, 67,3 Persen Terpapar Virus Corona Tanpa Gejala

Akibatnya beberapa anak terkadang masih mengalami batuk dan pilek.

Namun tahukah, tidak semua orangtua harus curiga anak terpapar Covid-19, karena mungkin saja batuk dan pilek anak disebabkan oleh alergi.

Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K), M.Kes. dokter anak konsultan alergi imunologi sekaligus Guru Besar Universitas Padjadjaran mengatakan ada tiga gejala yang muncul saat anak mengalami alergi yakni ringan, sedang dan berat.

Dokter Konsultan Alergi Imunologi Anak, Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A(K), M.Kes, dalam webinar Morinaga - Kalbe Nutritionals bertajuk 'Atasi Alergi Si Kecil dengan Deteksi Dini', Sabtu (26/6/2021).
Dokter Konsultan Alergi Imunologi Anak, Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A(K), M.Kes, dalam webinar Morinaga - Kalbe Nutritionals bertajuk 'Atasi Alergi Si Kecil dengan Deteksi Dini', Sabtu (26/6/2021). (tangkap layar zoom meeting)

Alergi juga dapat mengenai 3 organ tubuh seperti pencernaan, pernapasan dan kulit.

Untuk organ pencernaan, gejala alergi yang muncul seperti kolik, muntah dan paling banyak adalah diare atau dialami oleh 53 persen anak yang menderita alergi susu sapi.

Pada organ pernapasan, gejala alergi yang muncul seperti batuk-batuk, asma atau rhinitis.

Ilustrasi
Ilustrasi (Sehatnews)

"Untuk gejala pernapasan perlu dilihat, anak ini batuknya sepanjang hari atau di pagi-malam saja. Kalau ada panas, berarti dia infeksi bukan alergi," ujar Budi dalam acara World Allergy Week 2021 bersama KALBE Nutritionals, Sabtu (26/6/2021).

Mengutip artikel GridHEALTH.id berjudul Curiga Anak Terpapar Covid-19? Dokter Anak Minta Orangtua Perhatikan Batuk dan Ingusnya Budi juga meminta orangtua peka pada jenis lendir atau ingus yang keluar dari hidung anak.

"Terus perhatikan bagaimana ingusnya, dia bening atau berlendir. Yang paling penting harus ke dokter, jangan diagnosa sendiri, kalau kita tahu pemicunya kita jadi bisa mengendalikan supaya tumbuh kembangnya optimal," lanjutnya.

Sementara itu, alergi pada kulit, biasanya muncul ruam, gatal atau eksim.

Terlepas dari itu, ada beberapa perbedaan batuk akibat Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved