Breaking News:

Virus Corona

Ruang Isolasi Covid-19 Terbatas, Kapal Pelni Jadi Tempat Isolasi Pasien OTG dan Bergejala Ringan

Kasus aktif Covid-19 di Kota Makassar mengalami lonjakan dalam beberapa minggu terakhir dan menyebabkan terbatasnya ruang isolasi

dok. Pelni
KM Umsini milik Pelni jadi tempat isolasi apung bagi pasien Covid-19 di Makassar.   

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapal Motor Umsini milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) kini resmi jadi tempat isolasi apung bagi pasien Covid-19 di Makassar, Sulawesi Selatan, menindaklanjuti permintaan Walikota Makassar beberapa waktu lalu.

Kasus aktif Covid-19 di Kota Makassar mengalami lonjakan dalam beberapa minggu terakhir dan menyebabkan terbatasnya ruang isolasi bagi pasien Covid-19 di Rumah Sakit maupun lokasi lainnya.

KM Umsini yang kini  berhenti beroperasi untuk sementara waktu difungsikan sebagai lokasi isolasi bagi pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) hingga pasien Covid-19 bergejala ringan.

Direktur Utama Pelni Insan Purwarisya L. Tobing menjelaskan, pihaknya siap membantu Pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Dengan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak dalam mempersiapkan KM Umsini sebagai lokasi isolasi apung sesuai standar kesehatan yang berlaku,” ujar Insan dalam keterangannya, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Hindari Kesalahan Fatal Saat Isolasi Mandiri, Ini Anjuran Dokter IDI

“Perusahaan yakin dapat mendukung Pemerintah Kota Makassar dalam upayanya mengendalikan penyebaran Covid-19 secara optimal," sambungnya. Selama digunakan sebagai lokasi isolasi apung, kapal akan berlabuh di sekitar Pulau Lae Lae.

Baca juga: Kemenhub Siapkan Kapal Pelni untuk Tempat Isolasi Mandiri Terapung di Makassar

KM Umsini memiliki daya tampung untuk 804 pasien dan 60 tenaga kesehatan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Makassar.

Jumlah tersebut sesuai dengan kebijakan 50 persen dari kapasitas kapal sehingga protokol kesehatan di atas kapal tetap terlaksana.

Kru kapal yang bertugas di atas kapal juga akan diganti (rolling) setiap dua minggu sekali.

Selama kegiatan isolasi di atas kapal PELNI berlangsung, Perusahaan akan menyediakan beberapa fasilitas umum seperti tempat tidur, poliklinik, dan jogging track.

Akses menuju top deck akan diberikan sehingga dapat dimanfaatkan oleh pasien sebagai area terbuka untuk berjemur dan berolahraga.

"Melalui fasilitas yang tersedia, diharapkan pasien merasa nyaman selama menjalankan masa isolasi mandiri di atas kapal sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan serta meningkatkan imun pada pasien Covid-19," pungkas Insan.

KM Umsini merupakan salah satu dari 26 kapal penumpang yang dioperasikan oleh Pelni dan menyinggahi Makassar dalam rute pelayarannya. 

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved