Breaking News:

Kanker Kepala dan Leher Dapat Mengubah Bentuk Wajah, Ketahui Faktor Penyebab dan Tanda-tanda Awal

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) menggiatkan kembali pentingnya pola hidup sehat agar terhindar dari bahaya kanker kepala dan leher.

Bet_Noire
Ilustrasi kanker 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) menggiatkan kembali pentingnya pola hidup sehat agar terhindar dari bahaya kanker kepala dan leher.

Kanker kepala dan leher merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan sejumlah tumor ganas yang berkembang di dalam atau di sekitar tenggorokan, laring (kotak suara), hidung, amandel, sinus, dan mulut. 

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik, dr. Rismauli Doloksaribu, Sp.PD-KHOM, FINASIM mengatakan, kanker kepala dan leher yang bersifat ganas, dampaknya dapat merubah bentuk wajah secara fisik baik oleh karena perkembangan kankernya sendiri maupun oleh karena akibat tindakan pengobatan.

"Pada pasien kita akan mendapatkan keluhan berupa gangguan menelan, makan, bahkan gangguan berbicara.  Oleh sebab itu masyarakat perlu mewaspadai penyebab kanker kepala dan leher agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (18/10/2021).

Kanker leher dan kepala biasanya ditemukan pada mereka yang berusia di atas 50 tahun, dan dua kali lebih banyak ditemukan pada pria.

Baca juga: Cegah Kanker Payudara Lewat Skrining dan Deteksi Dini

Adapun faktor risiko terbesar adalah kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.

Sekitar 75 persen kasus terkait dengan penggunaan rokok dan konsumsi alkohol.

Seseorang akan meningkat risiko terkena kanker kepala dan leher apabila memiliki kebiasaan merokok dan minum minuman keras secara bersamaan. 

Selain itu, orang yang terinfeksi oleh human papillomavirus (HPV) -infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual, juga dapat berakibat pada kanker kepala dan leher.

Baca juga: Catat! Ini 5 Jenis Makanan yang Bisa Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved