Breaking News:

Mitos atau Fakta, Minum Kopi Bisa Bikin Bibir Hitam? Begini Penjelasan Dokter

Menurut dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia, mengonsumsi kopi bagi sebagian orang memang menyebabkan penghitaman pada bibir. 

Editor: Wahyu Aji
Freepik
Ilustrasi minum kopi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bibir yang merah merona tentu menjadi idaman hampir setiap orang.

Selain tampak menarik, bibir yang bewarna merah diidentifikasikan sebagai bibir yang sehat.

Namun bagi sebagian orang memiliki bibir bewarna gelap hingga kehitaman. Mengonsumsi kopi kerap disebut sebagai pemicu berubahnya warna bibir.

Benarkah demikian? Menurut dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia, mengonsumsi kopi bagi sebagian orang memang menyebabkan penghitaman pada bibir

"Ini melalui beberapa mekanisme. Tapi tdak semua pecinta kopi mengalami penghitaman bibir," ungkapnya pada kanal YouTube Sonora FM dikutip Tribunnews, Selasa (30/11/2021).

Kopi memiliki zat yang menyebabkan seseorang lebih sering buang air kecil. Selalu buang air kecil tanpa mengonsumsi asupan cairan yang cukup dapat menyebabkan dehidrasi.

Baca juga: Kesehatan Tubuh Dapat Memengaruhi Warna Bibir

Sehingga dapat menyebabkan bibir kering. Menurut dr Santi, bibir yang kering dapat berganti menjadi warna hitam. Dan kopi sendiri mempunyai pigmen warna cokelat kehitaman. 

"Paling gampang sering memakai gelas menyeduh kopi atau teh, gelas akan menjadi berubah warna hitam. Itu bisa terjadi pada bibir kita selain dehidrasi," katanya lagi 

Oleh karena itu bagi pecinta kopi yang tidak ingin bibirnya menghitam bisa diantisipasi. Satu di antaranya adalah menggunakan sedotan. Disarankan menggunakan sedotan yang bisa dicuci kembali. 

Kemudian selama minum kopi, harus menjaga asupan cairan sehingga tidak terkena dehidrasi. Kalau cukup minum, bibir tidak akan kering.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved