Polisi Tembak Polisi

PTSD, Gangguan Kejiwaan yang Dialami Istri Ferdy Sambo, Bisakah Disembuhkan? Ini Penjelasan Psikolog

PTSD merupakan gangguan kejiwaan yang terjadi karena paparan sifat langsung atau tidak langsung dari sebuah peristiwa yang bersifat traumatis.

Editor: Willem Jonata
Via Tribun Solo
Putri Candrawathi dan suaminya Irjen Ferdy Sambo. Hingga saat ini Putri kabarnya masih syok setelah penembakan di rumah dinas. /Foto: Instagram 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Baru-baru ini kondisi psikologis istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, diungkap pihak LPSK.

Ia dinilai memiliki potensi mengalami kecemasan atau pascatrauma atau post-traumatic stress disorder (PTSD), semacam gangguan kejiwaan yang muncul akibat trauma karena sebuah peristiwa.

Lantas apakah PTSD dapat disembuhkan, dan butuh berapa lama pemulihannya?

PTSD sendiri, jika merujuk pada buku berjudul DSMa 5, kata Psikolog & Grafolog, Joice Manurung PTSD terjadi karena paparan sifat langsung atau tidak langsung dari sebuah peristiwa yang bersifat traumatis.

Dan gangguan kecemasan ini bisa berdampak pada kualitas kehidupan. Ketika seseorang mengalami gangguan mental, yang sifatnya intens terjadi tekanan cukup siginfikan dalam diri kita.

"Pasti menganggu dalam kehidupan. Dia sudah tidak bisa lagi melakukan hal-hal yang biasa.Bukan karena dia tidak bisa melakukan. Tapi karena dia tidak ada energinya dan perubahan suasana hati," ungkapnya saat diwawancarai Tribunnews, Selasa (16/8/2022).

Kemudian dampak yang lebih jauh adalah dapat menganggu komunikasi dan interaksi dengan orang sekitarnya. Tidak bisa mengutarakan pendapatnya. Ditambah ada gangguan mental lain yang menyertai. Seperti depresi kronik, atau delusional.

Baca juga: Memahami Psikologis Putri Candrawathi Usai Pembunuhan Brigadir J di Rumah Dinas Ferdy Sambo

"Nanti muncul pikiran tidak wajar. Bahkan PTSD tidak disikapi penanganan medik dan terapi yang benar bisa berujung pada upaya mengakhiri hidup. Efeknya bisa fatal kalau tidak dibantu untuk diselesaikan," tegas Joice.

Lantas bagaimana prosedur penyembuhannyan dan butuh berapa lama? Menurut Joice setiap orang itu bersifat kompleks unik. Sehingga tidak pernah ada gejala atau pun efek PTSD yang sama untuk setiap orang.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved