Tularkan Gaya Hidup Sehat Melalui Olahraga Virtual

Menanamkan kebiasaaan olahraga tidak bisa dilakukan sekali waktu, harus berkelanjutan dan terus menerus. Namun, hal itu tak mudah.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
Pixabay.com
Ilustrasi olahraga lari. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini pola menanamkan hidup sehat, seperti olahraga berjalan kaki atau bersepeda memang tidak mudah.

Apalagi menanamkan kebiasaaan olahraga tidak bisa dilakukan sekali waktu, namun harus berkelanjutan dan terus menerus.

"Menanamkan kebiasaaan berolahraga ini harus rutin dan setiap hari, meski sedikit-sedikit sebenarnya tidak masalah, tiap hari jalan 3 kilometer atau 5 kilometer tak masalah," kata Leona A Karnali, CEO Primaya Hospital kepada Tribunnews.com belum lama ini.

Baca juga: Modal Wulan Guritno Bintangi Film Action, Rajin Olahraga dan Menjaga Pola Makan Sehat

Toh demikian, ada cara baru untuk membangkitkan semangat berolahraga yakni olahraga virtual yang menjadi tren dengan melibatkan tim.

"Mengikuti kegiatan olahraga virtual ini dilakukan secara berkelompok akan membuat mereka saling memberi dukungan dan semangat," kata Leona.

Dikatakannya, menerapkan gaya hidup sehat bukanlah suatu hal yang mudah tetapi dengan dukungan orang sekitar kita yang mengajak untuk bergerak, maka kita pun ikut termotivasi untuk bergerak dan hidup sehat.

Leona mengatakan, pihaknya tahun lalu pernah mengadakan kegiatan olahraga virtual yang melibatkan tim ini.

Kalaupun olahraganya tak bersama-sama, tapi hasilnya akan dilihat, jika kurang anggota tim akan mengingatkan.

Namun terkadang bisa merasa kurang dibandingkan teman kelompok maka bisa memotivasi i untuk bergerak dan ini sudah dibuktikan.

"Waktu penyelenggaraan tahun lalu, karyawan susah gerak diajak, minggu pertama belum gerak tapi begitu ada ibu-ibu sudah pensiun punya semangat jalan kaki, yang muda-muda ikut terpacu dan tak mau kalah sehingga turut bergerak," katanya.

Fakta ini mendorong Primaya Hospitals mengadakan Primaya Heart Race, kegiatan olahraga virtual berjalan, berlari, dan bersepeda selama sebulan.

Kegiatan ini ditujukan untuk mengajak masyarakat bergerak dan bergaya hidup yang lebih sehat mulai 25 Agustus hingga 25 September 2022 mendatang.

Melalui aplikasi olahraga seperti Aktivin dan Strava dengan menggunakan telpon genggam atau smart watch, para peserta dapat melihat pencapaian diri dan tim setiap hari.

"Olahraga virtual ini dilakukan secara berkelompok dalam lima hingga sepuluh orang anggota, agar peserta dapat saling memberi dukungan dan semangat," katanya.

Primaya Heart Race merupakan upaya kongkret Primaya Hospital Group untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat.

Di tahun 2021, Primaya Heart Race berhasil mengajak 1750 peserta yang berasal dari berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Bandung, Indramayu, Sukabumi, Semarang, Salatiga, Yogyakarta, Bali, Makassar, Pangkal Pinang, Pare-pare, Luwu – Sulawesi Selatan, Ketapang – Kalimantan Barat, Ambon – Maluku, hingga Manokwari untuk bergerak bersama.

Event ini sejalan dengan berbagai program promotif preventif pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat dan pencegahan penyakit.

"Kami juga menyediakan berbagai pilihan Medical Check Up yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk deteksi dini dan memantau kesehatan tubuh secara berkala," katanya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved