BPOM Terbitkan Izin Edar Vaksin Dengue Qdenga untuk Usia 6-45 Tahun 

BPOM resmi mengeluarkan izin edar untuk Vaksin Dengue dengan nama Qdenga untuk pencegahan penyakit dengue hari ini, Jumat (19/8/2022). 

pixabay/mikadago
Nyamuk Aedes Aegypti, nyamuk yang menyebarkan virus dengue penyebab penyakit DBD, berikut ciri-ciri dan cara pencegahan perkembangbiakannya. BPOM resmi mengeluarkan izin edar untuk Vaksin Dengue dengan nama Qdenga, Jumat (19/8/2022). Qdenga merupakan vaksin dengan indikasi pencegahan penyakit dengue yang disebabkan oleh virus dengue pada usia 6 sampai 45 tahun. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - BPOM resmi mengeluarkan izin edar untuk Vaksin Dengue dengan nama Qdenga hari ini, Jumat (19/8/2022). 

Qdenga merupakan vaksin dengan indikasi pencegahan penyakit dengue yang disebabkan oleh virus dengue pada usia 6 sampai 45 tahun.

“Pemberian izin edar Vaksin Qdenga oleh BPOM sesuai dengan persyaratan untuk vaksin baru yang mengacu pada standar WHO," ujar Kepala BPOM RI Penny K. Lukito dalam keterangannya, Jumat (9/9/2022).

Selain itu juga didasarkan pada hasil evaluasi terhadap data-data hasil uji pre-klinik, hasil uji klinik, dan data-data uji mutu vaksin mulai dari bahan awal, proses pembuatan antigen, hingga produk vaksin yang dihasilkan.

Penny menerangkan, sesuai data studi klinik yang mendukung tersebut, indikasi Vaksin Qdenga disetujui untuk usia mulai dari 6–45 tahun. 

Vaksin Qdenga diberikan dalam 2 dosis dengan interval pemberian 3 bulan antar  dosisnya, melalui injeksi secara subkutan pada otot lengan bagian.

Dalam pemberian persetujuan registrasi Vaksin Qdenga, hasil evaluasi vaksin tersebut telah dibahas dalam rapat Komite Nasional (KOMNAS) Penilai Obat yang melibatkan para ahli dalam berbagai bidang.

Baca juga: Ciri-ciri Nyamuk Aedes Aegypti Penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Cara Pencegahannya

Antara lain farmakologi, epidemiologi, imunologi, farmasi, klinisi, regulatori, vaksinologi dari akademisi, asosiasi klinisi terkait, serta institusi pemerintah lain.

Vaksin dengue ini diproduksi oleh IDT Biologika GmbH Germany, serta dirilis oleh dan terdaftar atas nama Takeda GmbH Germany.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved