Pasien Diabetes Bisa Hidup Normal, Apa yang Harus Dilakukan?

Meski tak bisa disembuhkan, pasien diabetes bisa hidup normal. Kuncinya kendalikan kadar gula darah.

freepik
Ilustrasi pemeriksaan diabetes 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --  Wakil Menteri Kesehatan RI sekaligus Ahli diabetes molekuler pertama Indonesia Dante Saksono Harbuwono menerangkan, seorang pasien diabetes dapat hidup normal layaknya seperti orang sehat lainnya.

Kuncinya kendalikan kadar gula darah.

"Jadi orang diabetes bisa tetap sehat sama seperti orang normal. Orang diabetes tidak punya umur panjang jika tidak melakukan pengobatan yang teratur dan benar," ujar dokter Dante dalam QnA Kemenkes, Kamis (8/9/2022).

Baca juga: Ciri-ciri Diabetes pada Anak-anak, Banyak Makan, Sering Haus hingga Berat Badan Turun Drastis

Meski tak bisa disembuhkan, seorang pasien diabetes dapat mengkontrol kadar gula darahnya, salah satunya dengan meminum obat yang teratur.

Ia pun menampik anggapan bahwa minum obat diabetes dalam jangka panjang dapat
merusak kesehatan ginjal.

Justru obat yang dikonsumsi dapat menstabilkan kadar gula darah maupun mencegah komplikasi penyakit lain seperti ginjal maupun jantung.

"Minum obat perlu. Kalau ditanya apa obat diabetes sebabkan ginjal? Itu mitos. Justru dengan minum obat diabetes supaya ginjalnya tetap sehat," kata dia.

Untuk memastikan cara minum obat yang tepat, pasien harus rutin kontrol ke dokter.

"Nanti dokter akan mengidentifikasi, bagaimana kondisi ginjalnya setiap kali kontrol mungkin aebulan sekali untuk melihat atau mungkin ginjal tetap baik dan kalau sudah ada tanda-tanda bahwa ginjalnya bermasalah karena diabetes akan dilakuman intervensi pengobatan lebih agresif sehingga ginjalnya tetap sehat," kata dia.

Ia pun mengingatkan, yang paling penting bukanlah sekedar obat. Melainkan menjaga tubuh dari atas sampai bawah supaya tidak terkena komplikasi seperti mata dan jantung. 

"Tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari bahkan beberapa atlet, beberapa pemenang olimpiade penderita diabetes juga bisa tetap optimal dan melakukan aktivitas sehari-hari," kata dia.

Selain itu, pasien diabetes diharapkan menerapkan kombinasi makanan bergizi seimbang, dan mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula.

"Perbanyak sayur dan buah, serta melakukan aktivitas olahraga yang maksimal," kata mantan dokter kepresidenan ini.
 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved