Breaking News:

Petualangan Arcil, Film Animasi 3D Sejarah Purba Bumiayu Diluncurkan Balar Yogyakarta

Film animasi Petualangan Arcil di Bumiayu Purba ini dibuat berdasarkan hasil penelitian Hary Widianto, tapi dikreasi mengikuti logika anak-anak.

zoom-inlihat foto Petualangan Arcil, Film Animasi 3D Sejarah Purba Bumiayu Diluncurkan Balar Yogyakarta
Screenshoot Balar Yogya
Film animasi 3D Petualangan Arcil di Bumiayu Purba dibuat balai Arkeologi Yogyakarta, sebagai edukasi keberadaan situs prasejarah di Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah. Diluncurkan secara daring, Selasa (20/10/2020).

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA – Balar Arkeologi (Balar) Yogyakarta, meluncurkan karya film animasi tiga dimensi (3D) tentang sejarah purba Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah.

Peluncuran dilakukan secara daring, Selasa (20/10/2020), diikuti Kepala Puslit Arkenas Dr I Made Geria serta puluhan perwakilan Balar se-Indonesia, kalangan pendidik di Jawa.

Film animasi Balar Yogyakarta ini berjudul “Petuangan Arcil di Bumiayu Purba”. Sosok ikonik film segmen anak-anak ini bernama Arcil, kependekan Arkeolog Cilik.

I Made Geria memuji Balar Yogya yang kerap mencuri start lewat ide dan karya-karya Rumah Peradabannya.

“Kita sangat gembira. Jogja dikenal sering mencuri start. Bumiayu yang diangkat ini, bukan main. Buku belum terbit aja sudah ada yang nanya,” kata Geria sembari memuji Prof Dr Hary Widianto.

Hary Widianto merupakan paleontolog terkemuka Indonesia,  yang menjadikan Sangiran semakin mendunia lewat penelitian dan penataan koleksi situsnya.  

“Membahasakan penelitian Pak Hary dalam bahasa anak-anak, ini sangat saya apresiasi. Bukan tugas mudah,” lanjut I Made Geria.  

Di tengah suasana pandemi corona seperti sekarang, Made Geria menganggap waktu yang tepat untuk meningkatkan daya kognitif masyarakat menggunakan hasil-hasil penelitan dalam bahasa yang mudah.

“Yang ilmiah dikemas dalam bahasa sederhana, jadi mudah dimengerti anak-anak,” tandasnya sembari berharap Bumiayu akan makin dikenal sebagai situs penting prasejarah.

Film animasi Petualangan Arcil di Bumiayu Purba ini dibuat berdasarkan hasil penelitian Hary Widianto, tapi dikreasi supaya mengikuti logika anak-anak.

Halaman
123
Editor: Setya Krisna Sumarga
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved