Wisman Dibuat Terpukau dengan Wakatobi

Susah rasanya membantah keindahan Wakatobi. Bahkan, wisatawan mancanegara dibuat terpukau dengan keindahannya. Pengakuan itu disampaikan wisatawan asa

Wisman Dibuat Terpukau dengan Wakatobi
dok. Humas Kemenpar
Pembukaan Wakatobi Wonderful Festival and Expo atau Wakatobi Wave 2018 

Susah rasanya membantah keindahan Wakatobi. Bahkan, wisatawan mancanegara dibuat terpukau dengan keindahannya. Pengakuan itu disampaikan wisatawan asal Belanda yang menyaksikan pembukaan Wakatobi Wonderful Festival and Expo, alias Wakatobi Wave 2018.

Even ini dibuka secara resmi, Minggu (11/11), di Lapangan Merdeka. Pembukaan disaksikan oleh Asisten Deputi Strategi Komunikasi Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Hariyanto. Acara pembukaan menghadirkan karnaval budaya dan pentas tari kolosal. Ribuan pengunjung dengan antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Termasuk sejumlah wisatawan mancanegara.

Dari ribuan wisatawan, hadir pasangan suami Genk Addink dan Julia Addink asal Belanda. Pasamgan asal Belanda ini memuji Wakatobi. Menurut mereka, Wakatobi menggambarkan Indonesia.

“Ini adalah ketiga kalinya saya ke Wakatobi. Bedanya, kali ini saya datang bertepatan dengan festival. Ini keren. Karena saya bisa sekalian menikmati festival. Saya suka Wakatobi. Karena masyarakatnya ramah. Alamnya juga bagus saya suka sekali,” tutur Genk.

Genk adalah profesor asal Utrecht University. Namun, ia sedang mengajar di Halouleo Kendari. Genk sangat antusias ketika ditanya pendapatnya mengenai Wakatobi.

“Wakatobi sangat natural. Seperti wajah Indonesia sesungguhnya. Sangat alami. Airnya juga sangat jernih dan segar. Saya senang sekali. Inilah yang saya ceritakan ke istri saya dan mengajak dia kesini. Buat istri saya,ini adalah kesempatan pertamanya ke Wakatobi,” terang Genk.

Julia Addink membenarkan komentar suaminya. Ditambahkannya, Wakatobi adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati snorkling.

“Karang dan koral yang ada di lautnya sangat indah. Kita tidak perlu berenang tetlalu dalam atau bahkan menyelam. Karena kita bisa menyaksikan itu dipermukaanya,” terang Julia yang mengaku sudah sempat melakukan snorkling di Wakatobi.

Bahkan, Julia tidak ragu mengatakan keindahan Wakatobi bisa mengalahkan sejumlah spot di negara lain. “Saya pernah snorkling di Meksiko, Amerika, dan lainnya. Tapi Wakatobi adalah salah satu yang terbaik. Airnya jernih, tempatnya tenang, dan masyarakatnya ramah. Senang sekali saya ada di sini,” paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku senang dengan pujian yang disampaikan wisatawan mancanegara itu. Menurutnya, komentar positif itu membuktikan pariwisata Indonesia memang luar biasa.

“Pariwisata Indonesia, khususnya Wakatobi, sudah memiliki reputasi dunia. Tugas kita adalah menjaga, melestarikannya. Dengan kekayaan yang dimiliki, Wakatobi akan membantu realisasi target kunjungan Wisman ke Indonesia,” paparnya. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved