Dikunjungi Puluhan Ribu Wisatawan, Balawisata Pantai Pangandaran Siaga

Obyek wisata di Kabupaten Pangandaran mengalami lonjakan pengunjung. Terutama di Pantai Pangandaran. Lonjakan ini terjadi sejak Kamis (6/6) pagi hari

Dikunjungi Puluhan Ribu Wisatawan, Balawisata Pantai Pangandaran Siaga
Sportourism.id
Pantai Pangandaran, Jawa Barat 

Obyek wisata di Kabupaten Pangandaran mengalami lonjakan pengunjung. Terutama di Pantai Pangandaran. Lonjakan ini terjadi sejak Kamis (6/6) pagi hari atau H+1 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah tahun ini. Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) siap siaga.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran menargetkan 5 juta orang mengunjungi destinasi wisata yang tersebar di wilayah Kabupaten Pangandaran.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan, momen libur lebaran sangat berdampak pada tingkat kunjungan wisatawan. Menurut pantauan Pemkab Pangandaran, kunjungan wisata telah meningkat sejak awal libur lebaran.

"Alhamdulillah libur hari raya dari tanggal 1 Juni sampai hari ini tingkat kunjungan sangat padat sekali. Di pantai barat, pantai timur, di Krapyak, di Batu Karas, di Green Canyon, penuh sekali," ujar Jeje, Jumat (7/6).

Jeje menyatakan, pengikatan kunjungan wisata disyukuri jajaran Pemkab Pangandaran. Sebab, destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran sempat sepi karena peristiwa tsunami Banten. Dengan meningkatnya kunjugan wisata, target yang ditetapkan Pemkab Pangandaran dinilai bakal mencapai target.

"Kita menargetkan kurang lebih 5 juta orang. Kalau mleihat sekarang kunjungan karena cuti bersama dan libur sekolah yang panjang, target 5 juta sepertinya akan tercapai," ucapnya.

Menurut Bupati Jeje Wiradinata, sebagai upaya penjagaan dan penyelamatan pada libur Lebaran tahun ini, pengelola Pangandaran menurunkan 40 penjaga pantai. Mereka akan rutin bekerja secara bergantian. Dari jumlah tersebut, hanya tiga yang ditempatkan di Pantai Batukaras, sementara sisanya di Pantai Pangandaran.

“Para penjaga pantai ini telah ratusan kali melakukan penyelamatan dan telah tersertifikasi. Pelatihan anggota penyelamat ini melibatkan organisasi dunia, yakni International Surf Lifesaving Association (ISLA) dan International Life Saving (ILS) Federation,” tutur Bupati.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Undang Sobarudin bahkan sampai turun tangan membantu petugas pintu tolgate Pantai Pangandaran. Volume kendaraan roda dua dan mobil pribadi mengalami lonjakan luar biasa.

Penumpukan kendaraan roda dua di pintu masuk terpantau cukup panjang jika dibanding hari biasa. Petugas jaga pintu masuk tol gate Pangandaran tampak sibuk melayani ribuan pengunjung yang mengantri untuk mendapatkan tiket masuk.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved