Kloter Terakhir Motor Gratis Tiba, Total 19.141 Sepeda Motor Diangkut Pada Motis 2019

Penyelenggaraan Program Angkutan Motor Gratis (Motis) bidang perkeretaapian pun juga resmi ditutup.

Kloter Terakhir Motor Gratis Tiba, Total 19.141 Sepeda Motor Diangkut Pada Motis 2019
dok. Kemenhub
Tahun 2019, Kementerian Perhubungan mengalokasikan kuota Motis sebanyak ±18.096 sepeda motor. Sehingga pada tahun 2019, okupansi sepeda motor yang dilayani Program Motis mencapai ±105,7%. 

Seiring dengan penutupan Posko Nasional Angkutan Lebaran Tahun 2019, penyelenggaraan Program Angkutan Motor Gratis (Motis) bidang perkeretaapian pun juga resmi ditutup.

Pada hari terakhir penyelenggaraan Angkutan Motis ini, sebanyak ± 318 sepeda motor tiba di Stasiun Jakarta Gudang. Kloter terakhir ini berangkat dari Stasiun Surabaya Pasar Turi melewati Stasiun Lempuyangan yang kemudian mengakhiri perjalanan di Stasiun Jakarta Gudang.

Tahun 2019 ini, Program Motis memiliki 3 lintas layanan, yaitu : lintas utara, lintas selatan 1 dan lintas selatan 2.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri mengatakan “Tahun 2019 ini, sebanyak ±19.141 sepeda motor dilayani oleh program Motis. Apabila dibandingkan Tahun 2018 lalu, yang mengangkut ±17.147 sepeda motor, terdapat kenaikan sebesar ±11,63%.

Sebagai informasi, tahun 2019, Kementerian Perhubungan mengalokasikan kuota Motis sebanyak ±18.096 sepeda motor. Sehingga pada tahun 2019, okupansi sepeda motor yang dilayani Program Motis mencapai ±105,7%.

Sejalan dengan itu, Pemerintah memberikan apresiasi kepada masyarakat yang turut berpartisipasi dalam mensukseskan program Motis 2019 ini.

Dengan mengikuti program motis, masyarakat juga membantu mengurangi beban kepadatan jalan raya. Selain itu, dengan mengikuti program motis, perjalanan pemudik menjadi lebih aman, nyaman dan selamat.

Sebagaimana data yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan pada saat penutupan Posko Nasional Angkutan Lebaran 2019, bahwa angka kecelakaan jalan raya pada penyelenggaran Angleb 2019 mengalami penurunan hingga ± 71%.

Pemerintah menyadari masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan dalam penyelenggaraan Program Motis untuk tahun-tahun berikutnya.

Sosialisasi yang lebih komprehensif dan berkelanjutan akan terus ditingkatkan agar masyarakat mau beralih dari penggunaan kendaraan pribadi (sepeda motor) untuk mengikuti Program Motis.

Selain itu, perbaikan serta peningkatan pada sistem motis akan dilakukan demi pelayanan Motis yang lebih baik sehingga minat masyarakat akan terus meningkat mengikuti Program Motis.(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved