Nonton Group Band Kotak di Atambua? Mampir Deh ke Bendungan Rotiklot yang Jadi Destinasi Baru

Crossborder Music Festival 2019 bakal menjadi perhelatan akbar di Atambua, pekan ini. Tepatnya pada Jumat (28/6).

Nonton Group Band Kotak di Atambua? Mampir Deh ke Bendungan Rotiklot yang Jadi Destinasi Baru
dok. Kemenpar

Crossborder Music Festival 2019 bakal menjadi perhelatan akbar di Atambua, pekan ini. Tepatnya pada Jumat (28/6). Event tersebut diprediksi bakal meriah dengan hadirnya grup band papan atas, Kotak.

Lantas, apa saja yang bisa dinikmati di salah satu daerah yang masuk wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut?

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belu, Remigius Asa mengatakan, ada satu destinasi baru yang sudah menjadi area wisata. Kendati tempat tersebut buatan manusia, namun tetap indah dipandang mata. Tempat tersebut adalah Bendungan Rotiklot yang diresmikan Presiden Jokowi, bulan Mei lalu.

Menurut Remigius, Bendungan Rotiklot terletak di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu. Bendungan ini diresmikan Presiden Joko Widodo pada 20 Mei 2019.

kemenpar-280619-5

Sebagaimana dikatakan Presiden Jokowi, pemerintah terus membangun bendungan karena air merupakan kunci untuk meraih kemakmuran dan kesejahteraan di suatu daerah. Dengan adanya Bendungan Rotiklot, masyarakat bisa menanam beragam komoditas.

Seperti padi, jagung, bawang merah, pepaya, pisang, hingga semangka atau melon di musim kemarau. Dengan tersedianya air, maka petani bisa panen lebih dari sekali dalam setahun.

Bendungan Rotiklot memiliki daya tampung sebesar 3,30 juta meter kubik dengan luas genangan 29,91 hektare dan tampungan efektif 2,33 juta meter kubik. Bendungan ini bertipe pelimpahan samping. Dengan lebar pelimpahan 12 meter, panjang saluran 255,59 meter, tinggi bendungan 42,50 meter, lebar puncak 10 meter, dan panjang puncak 415,82 meter.

“Dengan daya tampung tersebut, Bendungan Rotiklot bisa mengairi sekitar 139 hektare lahan. Selain itu, bendungan ini juga bisa dipakai untuk pembangkit listrik tenaga air, tempat wisata, dan untuk air baku seluruh penduduk di Kabupaten Belu,” jelasnya. Remigius yakin bahwa Bendungan ith mampu menjadi lokasi wisata baru bagi masyarakat di Kabupaten Belu dan sekitarnya.

"Saat ini Bendungan Rotiklot sudah selesai dibangun, ke depannya ini kami yakin akan menjadi destinasi wisata baru unggulan Kabupaten Belu," katanya.

Bendungan Rotiklot adalah satu dari tujuh bendungan di NTT yang menjadi salah satu program pemerintahan.Jarak tempuh dari Kota Atambua menuju ke Bendungan Rotiklot sendiri mencapai kurang lebih delapan kilometer.
"Dari ketinggian sangat indah. Nah ada beberapa spot yang bisa digunakan untuk menyaksikan bendungan ini. Cantik banget kalau dipakai foto-foto,"ujar dia.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved