Serunya Berkunjung ke Bori Kalimbuang, Destinasi Ala Stonehenge Milik Toraja

Pernah dengar destinasi Stonehenge yang ada di Inggris? Kalian tidak perlu jauh-jauh ke negerinya Ratu Elizabeth II. Cukup datang ke Toraja.

Serunya Berkunjung ke Bori Kalimbuang, Destinasi Ala Stonehenge Milik Toraja
dok. Kemenpar

Pernah dengar destinasi Stonehenge yang ada di Inggris? Kalian tidak perlu jauh-jauh ke negerinya Ratu Elizabeth II. Cukup datang ke Toraja, Sulawesi Selatan. Di sana ada destinasi bernama Bori Kalimbuang. Seperti apakah destinasinya?

Bori Kalimbuang terletak di jalan Poros Barana’, Pangli, Kelurahan Bori, Kecamatan Sesean, Toraja. Di sana ada sederetan batu menhir yang berjejer rapi. Ada yang membuat Bori Kalimbuang menarik. Batu-batu itu bersanding dengan Tongkonan, alias Rumah Adat Toraja.

Menurut Jenny Konda dari Museum Pongtiku Toraja, batu-batu menhir di Bori Kalimbuang adalah bagian dari ritual adat.

“Bebatuan ini dulunya dibawa dari atas gunung batu oleh penduduk. Tapi tidak sembarangan orang yang boleh membawa batu itu. Batu itu dihadirkan ketika hendak mengadakan upacara pemakaman,” papar Jenny, Jumat (19/7).

Konon batu-batu itu ada sejak tahun 1617. Bentuknya beraneka ragam. Ada yang berukuran besar, sedang dan kecil. Batu yang hendak dibawa mesti melewati beberapa tahapan ritual tertentu sebelum diangkut dan ditancapkan di lokasi rante. Di sekeliling menhir, kamu akan menemukan bangunan bambu dengan atap berbentuk perahu, khas bangunan Toraja.

Buat Staf Khusus Menpar bidang Media dan Komunikasi Don Kardono, Bori Kalimbuang termasuk destinasi yang sangat instagramable di Toraja. Meski usianya sudah cukup tua, destinasi ini sangat keren.

kemenpar-220719-3

“Toraja sangat beruntung memilki Bori Kalimbuang. Destinasi ini sangat populer di media sosial. Jika kalian ke Toraja, sangat direkomendasikan ke Bori Kalimbuang,” paparnya.

Lantas bagaimana sih caranya untuk bisa mencapai lokasi? Karena tidak ada angkutan umum dari Kota Rantepao, wisatawan disarankan mencoba taksi atau taksi online. Namun yang direkomendasikan adalah menyewa mobil dan motor. Karena kita juga berkeliling Toraja.

Untuk penginapan, wisatawan tidak perlu khawatir. Karena Rantepao memiliki banyak pilihan. Kalau ingin hotel yang bagus, Toraja Heritage Hotel adalah pilihannya. Lokasinya nyaman dan mempunyai sentuhan khas Toraja.harga per kamarnya sekitar Rp500 ribu. Hotel ini juga menyediakan cottage dengan bentuk rumah adat Toraja.

Namun, wisatawan demgan budget terbatas tetap bisa menikmati liburan di Toraja. Karena, tersedia wisma dengan harga yang jauh lebih murah.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved