Promosi dan Angka Wisman Semakin Meningkat, Kemenpar Tuai Pujian di Rusia

Promosi Kemenpar yang terbaru adalah berkolaborasi dengan KBRI di ajang Forum Bisnis Indonesia-Rusia yang berlangsung di Moskow, Kamis (1/8).

Promosi dan Angka Wisman Semakin Meningkat, Kemenpar Tuai Pujian di Rusia
dok. Kemenpar

Berbagai promosi pariwisata yang dilakukan Kemenpar di luar negeri, menuai banyak pujian dari berbagai pihak. Ini karena strategi marketing yang dijalankan sukses menuai hasil yang positif. Koordinasi Kemenpar dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Rusia juga berjalan dengan baik.

Promosi Kemenpar yang terbaru adalah berkolaborasi dengan KBRI di ajang Forum Bisnis Indonesia-Rusia yang berlangsung di Moskow, Kamis (1/8).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku sangat bangga dengan promosi Kemenpar di luar negri saat ini. Menurutnya, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Menpar Arief Yahya, pariwisata menempati posisi yang sangat strategis.

"Saya bangga saat di Rusia sudah banyak yang mengenal Indonesia. Kemenpar dan KBRI sangat cerdas dalam melakukan strategi promosi. Saya yakin Festival Wonderful Indonesia yang berlangsung pada 2-4 Agustus 2019 bakal menuai sukses yang hebat dan bisa membawa dampak positif bagi Indonesia," ujar Ganjar yang hadir di acara yang digelar di Hotel Ritz Carlton Moskow.

Hal senada diungkapkan Dubes RI untuk Rusia, Mohammad Wahid Supriyadi. Dikatakan, saat ini Kemenpar selalu hadir dalam memberikan dukungan, baik dalam bentuk pameran, sales mission, maupun famtrip. Semua berkoordinasi baik dengan KBRI. Bahkan, Kemenpar dan KBRI terus berusaha melobi maskapai agar bisa melakukan penerbangan langsung dari Rusia ke Jakarta.

"Hasilnya sudah bisa dilihat, wisatawan Rusia mengalami peningkatan paling tinggi dari negara Eropa lainnya. Kami baru mendapatkan kabar bahwa peningkatannya 15,5 persen untuk periode Januari-Juni 2019 dibanding periode yang sama tahun lalu. Ini luar biasa banget. Jadi, pasar Rusia saat ini sudah sangat potensial bagi pariwisata. Kami KBRI selalu intens berkoordinasi dengan Kemenpar untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan. Lobi-lobi terus kami lakukan bersama Kemenpar terutama kepada maskapai," kata Dubes.

Dalam acara Bisnis Forum Indonesia dan Rusia, Kemenpar memang sukses unjuk gigi dan menebarkan pesonanya dengan ciamik. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya mampu mencuri perhatian sebagai pembicara di depan podium.

Nia bahkan membuat peserta terdiam dan terpukau dengan data yang dibeberkan. Tidak jarang, Nia mampu mengeluarkan canda-canda segar yang membuat sekitar 700 orang yang hadir di acara tersebut tertawa lepas. Nia mampu menguasai panggung dengan baik tanpa naskah pidato.

Dalam paparan Nia, Kemenpar bikin audience terpukau lagi. Nia mengatakan pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia menjadi yang tercepat dengan peringkat kesembilan di dunia, nomor tiga di Asia, dan salah satu yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara, bersaing dengan Vietnam. Penerimaan devisa dari sektor pariwisata juga terus meningkat sejak 2015.

Capaian di sektor pariwisata itu juga dicatat oleh perusahaan media di Inggris, The Telegraph. Telegraph mencatat Indonesia sebagai salah satu dari 20 negara dengan pertumbuhan pariwisata tercepat.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved