Forum Kepala Dinas ESDM: Paparan Tantangan Menyeluruh Sektor Geominerba

Kamis (12/9) diisi pemaparan tiga narasumber. Pertama, Kepala PPSDM Geominerba, Dwinugroho, yang membahas tentang pengembangan Sumber Daya Manusia

Forum Kepala Dinas ESDM: Paparan Tantangan Menyeluruh Sektor Geominerba
BPSDM
BPSDM 

TRIBUNNEWS.COM, KINTAMANI, BALI – Memasuki hari kedua gelaran Forum Kepala Dinas ESDM Seluruh Indonesia, Kamis (12/9), diisi pemaparan tiga narasumber. Pertama, Kepala PPSDM Geominerba, Dwinugroho, yang membahas tentang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Geominerba dalam menghadapi era 4.0.

Dilanjutkan Kepala Bidang Air Tanah dari Badan Geologi, Suyono, yang mengangkat tema terkait isu dan tantangan pengelolaan air tanah yang berwawasan lingkungan. Terakhir, Munsi dari PPSDM Geominerba yang membahas mengenai human – system – technology (One Stop Mining IT Solution).

Baca: Kementerian ESDM Usulkan 3 Tipe Colokan Kendaraan Listrik di Indonesia

Selain paparan tersebut, acara yang berlokasi di Museum Gunung Api dan Pusat Pelatihan Geominerba Batur, Kintamani ini juga diisi dengan empat penandatanganan kerja sama pengembangan SDM bidang Geominerba antara PPSDM Geominerba dengan Dinas ESDM Provinsi Maluku Utara, Dinas ESDM Provinsi NTT, Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, dan juga dengan Universitas Bangka Belitung. Yang paling menarik antusiasme adalah site visit ke Kaldera Gunung Batur pada sore hari.

Acara ini diikuti 64 peserta yang terdiri dari 25 Dinas ESDM Provinsi. Turut ambil bagian dalam acara ini adalah empat perguruan tinggi di Indonesia. Yaitu, Universitas Gadjah Mada, UPRI Makassar, Universitas Bangka Belitung dan Universitas Padjadjaran.

Baca: Kementerian ESDM Akan Buka Politeknik Energi dan Pertambangan di Prabumulih

Penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk menyiapkan SDM yang mampu menghadapi menghadapi tantangan di era Revolusi Industri 4.0. Harapannya, gelaran forum ini tidak hanya dilakukan kali ini saja, tetapi menjadi agenda tahunan yang akan memperkuat peran para pemangku kepentingan di bidang geominerba. Alhasil, semua pihak terkait akan dapat memberi kontribusi terbaiknya untuk kemajuan bangsa dan negara. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved