Bali Pastikan Kebutuhan dan Harga Pangan Saat Nataru Aman

Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali bersama Bulog Divre Bali, Disperindag, Satgas Pangan Pusat

Bali Pastikan Kebutuhan dan Harga Pangan Saat Nataru Aman
Kementan
Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Kementan, Risfaheri sedang mengecek harga pangan 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali bersama Bulog Divre Bali, Disperindag, Satgas Pangan Pusat maupun Daerah dan seluruh pemangku kepentingan sepakat untuk terus melakukan koordinasi dan upaya nyata dalam menstabilkan pasokan dan harga pangan menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

Komitmen bersama ini disampaikan dalam rapat koordinasi gabungan menghadapi HBKN Nataru Provinsi Bali yang diselenggarakan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali, pada Selasa (17/12/2019).

Baca: Di Purwakarta, Mentan Syahrul Dorong Tiga Kali Lipat Ekspor Benih Sayuran

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Kementan, Risfaheri yang hadir dalam pertemuan tersebut menjelaskan, momentum Nataru penting bagi pemerintah untuk memastikan stok pangan di masyarakat tersedia dengan cukup dengan harga yang wajar.

“Secara umum kondisi ketersediaan dan kebutuhan pangan nasional aman, termasuk di Bali. Namun kita tetap harus berkoordinasi dan menjaga komitmen dengan melakukan langkah nyata agar harga dan pasokan komoditas pangan strategis stabil dan aman,” tegasnya.

Risfaheri menambahkan hal tersebut juga sejalan dengan komitmen Kementerian Pertanian sesuai arahan Mentan Syahrul Yasin Limpo untuk menjamin pangan bagi seluruh penduduk Indonesia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali, I Wayan Jarta menyatakan, sebagai tindak lanjut arahan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dalam rakor persiapan HBKN di Jakarta, Selasa (19/11/2019) lalu, pihaknya siap melakukan langkah nyata dalam menghadapi Nataru.

Baca: Mentan SYL Ajak Milenial Jadi Bagian dari Gratieks

“Meski Bali secara mayoritas masyarakatnya tidak merayakan Natal, namun sebagai tujuan wisata nasional dan internasional, menjelang musim liburan Nataru ini, ketersediaan pangan sangat penting diperhatikan," ujar Wayan.

"Kebutuhan, pasokan dan harga pangan tentu akan terpengaruh, sehingga perlu dilakukan langkah nyata untuk antisipasi dan menjamin ketersediaan, pasokan dan harga pangan tetap stabil,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bulog Divre Bali, Sukardi menjamin stok beberapa komoditas pangan aman dan terkendali.

"Stok beras di gudang kami di Jimbaran dan Kediri mencukupi untuk menghadapi Nataru," ungkap Sukardi.

Baca: Kementan Sukses Gelar Tani On Stage di CFD Makassar

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved