Breaking News:

Menpora RI Ingin Unpam Bersinergi dengan Kemenpora RI untuk Cetak Wirausaha Muda

Menpora RI mengapresiasi Universitas Pamulang yang dinilai telah menumbuhkan semangat wirausaha kepada mahasiswanya.

dok. Kemenpora

Menpora RI Zainudin Amali hari Senin (27/7) pagi melalui virtual membuka Kuliah Kewirausahaan Pemuda Daring Tahap I Tahun 2020 yang bekerjasama dengan Universitas Pamulang (Unpam). Menpora RI mengapresiasi Universitas Pamulang yang dinilai telah menumbuhkan semangat wirausaha kepada mahasiswanya.  

Pada acara yang mengambil tema "Hilirisasi Produk Berbasis Inovasi Teknologi di Tengah Pandemi" tersebut, Menpora menyampaikan Kemenpora memiliki program untuk mencetak wirausaha muda yang bisa disinergikan dengan Unpam.

"Apa yang kami lakukan di Kementerian Pemuda dan Olahraga adalah sama dengan yang dilakukan oleh Universitas Pamulang ini," ujarnya. 

"Kemenpora memiliki 5 program prioritas, dan program prioritas ini kita jadikan panduan bagi semua kegiatan di Kemenpora sampai tahun 2024. Program prioritas yang berkaitan dengan kewirausahaan ada di program prioritas kedua yaitu, pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan," tambah Menpora RI. 

Menurutnya, semua kegiatan yang terkait dengan 5 program prioritas ini harus ada output, outcome dan manfaatnya buat masyarakat.

Untuk melaksanakan 5 program prioritas ini butuh keseriusan dan komitmen dari semua pejabat sampai di tingkat karyawan. Dan alhamdulillah secara perlahan tapi pasti, program-program ini mulai memperlihatkan hasil. 

Ia mencontohkan, raihan status opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yg belum lama ini. Menurutnya, raihan WTP di Kemenpora tidak terlepas dari 5 program prioritas Kemenpora.

"Misalnya, kami mendapatkan status WTP karena kami menempatkan perbaikan tata kelola kelembagaan sebagai prioritas pertama. Dan alhamdulillah, sekarang ini kami sudah melihat hasilnya, " ujarnya.

Ia melanjutkan, semangat kewirausahaan ini sudah menjadi tekat kami. Dan kita dorong terus, terutama di sekolah dan perguruan tinggi. Sejak mereka diperkenalkan kewirausahaan di kampus maka kita tidak perlu khawatir lagi saat mereka lulus dari perguruan tinggi. Karena mereka sudah punya semangat kewirausahaan.

"Saya bersyukur karena Universitas Pamulang selangkah lebih maju sudah memikirkan hal ini, sehingga begitu mahasiwanya lulus, saya berharap dengan bekal yang diberikan ketika masih menjadi mahasiswa, mereka bisa menjadi penyedia lapangan pekerjaan," katanya.    

Sementara itu, Rektor Unpam Dayat Hidayat mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang sudah mengandeng Unpam untuk mengelar webinar ini. "Terima kasih bahwa Kemenpora menggandeng untuk menggelar acara ini. Hal ini saya kira suatu keputusan dan kebijakan yang sangat tepat. Karena kami secara terintegrasi berupaya untuk memutus mata rantai kemiskinan. Untuk memutus kemiskinan ini salah satu caranya dengan berwirausaha, " jelasnya.

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved