Breaking News:

Jelang Akhir Tahun 2020, KSOP Kelas 1 Panjang Gelar Posko Nataru

Pada masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 diperkirakan akan terjadi peningkatan permintaan jasa angkutan laut.

Kemenhub Laut
Pembukaan Posko Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 oleh Kepala Kantor KSOP Kelas I Panjang. 

TRIBUNNEWS.COM - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I (KSOP) Panjang pada tanggal 18 Desember 2020 menggelar Posko Nataru dan berbagai kegiatan akhir tahun 2020 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Acara diawali dengan kegiatan senam pagi bersama yang diikuti oleh seluruh pegawai KSOP Kelas I Panjang dan perwakilan dari instansi serta stakeholders di Pelabuhan Panjang.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Pembukaan Posko Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 oleh Kepala Kantor KSOP Kelas I Panjang, Yefri Meidison yang dihadiri oleh perwakilan dari instansi terkait dan stakeholders di sekitar wilayah Pelabuhan Panjang.

"Penyelenggaraan angkutan laut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 sedikit berbeda dengan penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya karena pada saat ini seluruh dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang tentunya diperlukan upaya yang lebih untuk menjamin keselamatan, keamanan dan kesehatan awak kapal serta penumpang juga petugas di pelabuhan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga dapat menekan penyebaran Covid-19." ujar Yefri

"Pada masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 diperkirakan akan terjadi peningkatan permintaan jasa angkutan laut, oleh kerena itu diperlukan kesiapan dan koordinasi secara terpadu antar instansi terkait dan pemerintah daerah demi terwujudnya kelancaran, ketertiban, keamanan dan keselamatan." imbuh Yefri

Setelah itu, acara dilanjutkan kembali dengan penyerahan Sertifikat Basic Safety Training (BST) dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 30 Mil kepada 580 nelayan merupakan tindak lanjut dari kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat yang telah dilaksanakan pada bulan Febuari tahun 2020 yang lalu.

Penyerahan sertifikat BST dan SKK-30 Mil ini dilakukan secara simbolis oleh Kepala KSOP Kelas I Panjang kepada 2 (dua) orang perwakilan nelayan yang telah dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan sertifikat.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pelaksanaan upacara pelepasan kepada 2 (dua) orang pegawai Kantor KSOP Kelas I Panjang yang telah memasuki masa purna bakti di bulan Desember 2020 ini dan selanjutnya acara dilanjutkan dengan peresmian gedung Port Mart yang dikelola oleh Unit Serba usaha Koperasi Pegawai Negeri "Betik Hati".

Pada penghujung acara, Kepala Kantor KSOP Kelas I Panjang meresmikan ruang Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA) KSOP Kelas I Panjang untuk mewujudkan pelayanan prima kepada pengguna jasa. PPSA ini direncanakan akan melayani pengguna jasa selama 24 jam setiap hari bahkan untuk di hari libur nasional sekalipun.

Pada ruang PPSA ini dilengkapi dengan informasi cuaca yang di relay dari BMKG Maritim Lampung, informasi keberadaan kapal melalui data Vessel Traffict Service yang di relay dari VTS Panjang, fasilitas penunjang bagi pengguna jasa berupa Laptop dan Printer, penempatan petugas serta fasilitas lainnya untuk menunjang kenyamanan bagi pengguna jasa yang sedang melakukan kegiatan di Kantor KSOP Kelas I Panjang.

"Dengan pelayanan yang terintegrasi dalam satu ruang PPSA ini, maka diharapkan kecepatan dan kenyamanan pengguna jasa dalam mengajukan pelayanan di kantor KSOP Kelas I Panjang akan semakin baik." pungkas Yefri. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved