Breaking News:

Menparekraf: Bali ke Depankan Wisata Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan Bali akan bertransformasi menjadi daerah wisata yang lebih fokus pada budaya hingga kearifan lokal.

Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan kerja ke Bali, Minggu (28/12/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Bali akan bertransformasi menjadi daerah wisata yang lebih fokus pada budaya hingga kearifan lokal.

Hal ini juga mendorong perubahan konsep wisata di beberapa daerah agar memiliki wisata religi, sesuai dengan lingkungan dan budayanya.

Untuk Bali, Sandiaga mengaku sudah menyampaikan hal tersebut kepada Gubernur Bali I Wayan Koster serta jajaran di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali.

"Saya sudah menyampaikan, khusus untuk Bali kemarin, Bapak Gubernur sebagai kepala daerah di sana, Wagub, Sekda, semua hadir, sudah kita putuskan bahwa Bali mengedepankan wisata berbasis budaya, berkearifan lokal, berkelanjutan, berkualitas dan sehat," ujar Sandiaga, dalam 'Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) 2020' secara virtual, Selasa (29/12/2020) sore.

Baca juga: Varian Baru Covid-19, Kemenparekraf Tunggu Informasi dari Kemenkes Sebelum Terapkan Langkah Adaptasi

Ia menegaskan bahwa keputusan dalam menetapkan fokus pada sejumlah aspek tersebut telah diambil sesuai kesepakatan dengan Pemprov Bali.

Pihaknya akan terus berkolaborasi dengan Pemprov Bali dalam pengembangan konsep wisata tersebut.

"Jadi itu sudah diputuskan dan kami sepakat. Kami di Kemenparekraf akan mendukung keputusan dari Bapak Gubernur dan seluruh jajarannya dan kita berkolaborasi," jelas Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga Uno Batal Libur ke AS Bersama Keluarga, Curhat Pertama Kali Ditinggal Sendiri

Baca juga: Bertemu saat Kunjungan Kerja di Bali, Sandiaga Uno Diminta Luhut Siapkan Destinasi Super Prioritas

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini pun meminta kepada seluruh jajaran di Kemenparekraf untuk mendukung penuh kebijakan pariwisata yang diterapkan Pemprov Bali.

Menurutnya, yang harus diupayakan kementeriannya saat ini adalah mendorong pemulihan sektor parekraf di masa pandemi.

"Saya sudah sampaikan kepada jajaran, tidak ada lagi silang pendapat dengan pemerintah daerah mengenai kebijakan pariwisata di Bali. Jadi kita harus membantu pulihnya kebangkitan sektor ini," kata Sandiaga.
 

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved