Breaking News:

33 Tahun Jaga Penegakan Hukum di Laut, Ini yang Dilakukan PLP Tanjung Priok

PLP Tanjung Priok juga selalu aktif menjalin kerjasama dengan instansi lain misalnya dalam operasi gabungan penegakan hukum, atau operasi SAR.

Ditjen Perhubungan Laut-Kemenhub
Kapal Patroli milik Pangkalan PLP Tanjung Priok. 

TRIBUNNEWS.COM - Pada Jumat (26/2/2021) mendatang, tepat 33 tahun sudah Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok berjibaku menjaga keselamatan dan keamanan perairan di Tanah Air.

Bertambahnya usia juga diiringi dengan peningkatan kekuataan penjagaan pangkalan yang berlokasi di Utara Jakarta ini.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad menyebutkan Pangkalan PLP Tanjung Priok merupakan salah satu unit kerja di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang mengemban tugas khusus untuk berpatroli melaksanakan penegakan hukum di laut terutama dari kapal-kapal yang memasuki wilayah perairan Indonesia.

"Baik itu menyangkut kapal berbendera Indonesia maupun kapal asing yang beroperasi masuk ke Indonesia," kata Ahmad di Jakarta, dilansir dari rilisan pers yang diterima Tribunnews, Jumat (19/2/2021).

Ahmad melanjutkan, tugas selanjutnya adalah sebagai penyusun rencana, program dan evaluasi serta melaksanakan penyelidikan dan penyidikan terhadap tindak pidana pelayaran.

Baca juga: KSOP Kelas III Sunda Kelapa Lepas Satu Kontainer Bantuan untuk Korban Banjir Karawang

"Pelaksanaan pengawasan dan penertiban kegiatan salvage dan pekerjaan bawah air, penyelaman, instalasi ekplorasi dan eksploitasi, bangunan diatas dan dibawah air. Pemberian bantuan dan pencarian pertolongan musibah di laut dan penanggulangan kebakaran," lanjutnya.

Selain itu, Pangkalan PLP Tanjung Priok juga bertindak sebagai pelaksana pengamanan dan pengawasan sarana bantu navigasi pelayaran serta penanggulangan pencemaran di perairan. Pelaksanaan pelatihan pengawakan kapal dan instalasi. Serta pelaksanaan pengadaan, pemeliharaan, perbaikan dan dukungan logistik.

Pangkalan PLP Tanjung Priok juga selalu aktif menjalin kerjasama dengan instansi lain misalnya dalam operasi gabungan penegakan hukum, atau operasi SAR bersama Basarnas.

Adapun batas-batas wilayah kerja Pangkalan PLP Tanjung Priok meliputi wilayah perairan sebelah barat Provinsi Sumatera Utara dan Sumatera Barat, seluruh perairan Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Bangka, Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah dan sekitarnya.

Armada Penunjang Penjagaan dan Pengamanan

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved