Puluhan Masyarakat Dumai dan Pekanbaru Mengikuti Program Padat Karya Kemenhub

Padat Karya berlokasi di empat tempat, yaitu, Dermaga Navigasi Mundam, Dermaga Disnav Dumai, dan Tanjung Medang serta Kantor KSOP Kelas III Pekanbaru.

Editor: Content Writer
dok. Kemenhub
Kegiatan padat karya ini diikuti oleh 70 orang masyarakat setempat dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali menggelar program Padat Karya untuk masyarakat di wilayah Provinsi Pekanbaru. Padat Karya ini diselenggarakan oleh Kantor Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Dumai dan Kantor KSOP Kelas III Pekanbaru.

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Dumai, Capt Heru Santoso mengatakan kegiatan padat karya ini diikuti oleh 70 orang masyarakat setempat dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional.

Padat Karya berlokasi di empat tempat, yaitu, Dermaga Navigasi Mundam, Dermaga Disnav Dumai, dan Tanjung Medang serta Kantor KSOP Kelas III Pekanbaru.

“Padat Karya ini aktivitasnya dalam bentuk pekerjaan perawatan dan pemeliharaan aset Distrik Navigasi Kelas I Dumai,” ujarnya, Selasa (9/8).

Padat Karya di lingkungan perhubungan laut ini merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 73 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya Di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

Program Padat Karya memiliki tujuan untuk mengurangi pengangguran dari masyarakat kurang mampu, memupuk rasa kebersamaan, gotong royong dan partisipasi masyarakat, meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberdayaan masyarakat dan penciptaan lapangan kerja.

"Sebagaimana kita ketahui, saat ini kita masih dihadapkan dengan dampak dari pandemi Covid-19 yang telah banyak menyebabkan dampak yang merugikan pada seluruh negara terutama di Indonesia, khususnya pada sektor perekonomian," ujarnya.

Selain itu, Padat Karya diharapkan dapat mewujudkan peningkatan akses masyarakat dengan berbasis pendekatan pemberdayaan masyarakat, membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan padat karya ini dilaksanakan secara swakelola, sehingga dilakukan dengan melibatkan masyarakat, diawasi oleh tenaga terlatih untuk memastikan hasil pekerjaan dan sasaran kegiatan padat karya dapat tercapai secara maksimal.

Sebagai informasi pembukaan kegiatan padat karya ini turut dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi V Dapil Riau I Ir. Effendy Sianipar, Anggota DPR RI Komisi V Dapil Riau II DR. H. Syahrul Aidi Maazat, Lc., MA., Walikota Dumai H. Paisal, SKM., Mars, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Dumai, Ketua DPRD Kota Dumai, Kapolres Dumai, Dandim, Kajari Dumai, Danlanal Dumai, Kepala Satuan Polair Polres Dumai, Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau.(*)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved