Sukses Jadi Tuan Rumah, Tim IOI Indonesia Sabet 8 Medali

Pada perhelatan kali ini total medali yang diperebutkan sebanyak 30 medali emas, 59 medali perak, dan 91 medali perunggu.

Editor: Content Writer
Istimewa
Penutupan IOI di Ramayana Ballet Dance Open Air, Candi Prambanan, tepat di Padukuhan Klurak, Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (14/8/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Ajang bergengsi berupa International Olympiad on Informatics (IOI) ke-34 yang diselenggarakan di Yogyakarta selama sepekan atau tepat pada 7-15 Agustus 2022, membuat Indonesia sukses menjadi tuan rumah sekaligus manyabet delapan medali.

Delapan medali tersebut terdiri atas tiga medali perak dan lima medali perunggu, yang diraih oleh dua tim perwakilan Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, menyampaikan, pada perhelatan kali ini total medali yang diperebutkan sebanyak 30 medali emas, 59 medali perak, dan 91 medali perunggu.

“Selain medali, sebanyak 36 peserta juga diberikan penghargaan honorable mention,” jelasnya dalam laporan yang disampaikan pada penutupan IOI di Ramayana Ballet Dance Open Air, Candi Prambanan, tepat di Padukuhan Klurak, Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (14/8/2022).

Sebagai tuan rumah, Indonesia berkesempatan mengirimkan dua tim yang terdiri atas Tim Indonesia I dan Tim Indonesia II, di mana masing-masing terdiri atas empat orang.

Tim I terdiri atas Albert Yulius Ramahalim dari SMA Katolik Ricci I Jakarta Barat meraih medali perak, Joseph Oliver Lim dari SMAK 1 Penabur Jakarta meraih medali perak, Juan Carlo Vieri dari SMA Intan Permata Hati Surabaya mearih medali perunggu dan Maximilliano Utomo dari SMA Xin Zhong Surabaya meraih medali perunggu.

Sedangkan Tim II terdiri atas Vannes Wijaya dari SMAN 8 Pekanbaru meraih medali perak, Albert Ariel Putra dari SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo meraih medali perunggu, Matthew Allan dari SMA Kanisius Jakarta meraih medali perunggu, Andrew dari SMA S Sutomo 1 Medan meraih medali perunggu.

Ketua Ikatan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia (IA TOKI), Reinhart Hermanus, mengatakan, tim yang telah lulus dari IOI 2022 otomatis bergabung ke IA TOKI.

Dengan bergabungnya tim IOI 2022 ke IA TOKI, tutur Reinhart, akan menjadi semangat baru untuk kolaborasi pengembangan prestasi generasi selanjutnya.

“Jadi yang bergabung ke IA TOKI bukan hanya yang berkompetisi saja, tapi termasuk yang mengikuti pelatihan nasional sebagai persiapan dan seleksi IOI,” ujarnya.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved