Menaker Sosialisasi SIAPKerja kepada Talenta Muda di Medan

Kementerian Ketenagakerjaan kembali menggelar Talent Talks dengan melibatkan talenta-talenta muda di Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu (20/8/2022).

Editor: Content Writer
dok. Kemnaker
Menaker Ida dalam kegiatan Talent Talks yang melibatkan talenta-talenta muda di Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu (20/8/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Ketenagakerjaan kembali menggelar Talent Talks dengan melibatkan talenta-talenta muda di Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu (20/8/2022). Dalam kegiatan ini, Menaker berdialog dengan para telenta muda seputar kondisi ketenagakerjaan di masa depan, serta menyosialisasikan aplikasi SIAPKerja.

Melalui Talent Talks ini, Menaker mengatakan bahwa pihaknya tidak hanya ingin menyosialisasikan program-program pengembangan talenta muda, namun juga ingin mendengar langsung kebutuhan para telenta muda dalam pengembangan karirnya.

"Forum ini dibuat oleh Kemnaker untuk mengajak pemuda, talenta muda kita, menjadikan ini sebagai ruang berekspresi. Karena pemerintah, khususnya Kemnaker, ingin terus menghadirkan program yang mejangkau anak-anak muda kita," kata Menaker Ida.

Menaker Ida mengatakan, talenta muda harus benar-benar disiapkan dengan baik karena ke depan mereka akan menghadapi sejumlah tantangan. Di antaranya bonus demografi, era digitalisasi, dan kondisi ketenagakerjaan pascapandemi COVID-19.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Kemnaker memiliki 9 Lompatan yang salah satu programnya adalah Pengembangan Talenta Muda.

"Arah kebijakannya adalah mengembangkan sumber daya generasi milenial dan Z untuk menjadi talenta muda yang unggul dan kompetitif," katanya.

Pengembangan talenta muda ini, sebut Menaker, dimulai dari scouting atau pencarian bakat talenta muda, hingga mendorong dan menyelaraskan program pengembangan talenta muda dengan Peningkatan Dukungan untuk Udaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Sehingga pengembangan talenta muda melalui pelatihan tidak hanya diarahkan agar mereka bekerja namun juga berwirausaha," katanya.

Upaya ini kemudian dilengkapi aplikasi SIAPKerja untuk pelayanan ketenagakerjaan kepada generasi muda dengan memberikan informasi umum mengenai dunia pekerjaan agar generasi muda yang mengaksesnya bisa memiliki persiapan matang untuk memasuki dunia kerja.

"Melalui SIAPKerja kami memberikan layanan ketenagakerjaan secara lengkap dalam satu tarikan nafas. Seperti pelatihan, sertifikasi, penempatan tenaga kerja, serta pengembangan usaha," ucapnya.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengapresiasi langkah Menaker dalam acara Talent Talks yang melibatkan generasi muda. Mendorong partisipasi talenta muda untuk bisa aman dan nyaman berbicara dan berkolaborasi membahas dunia ketenagakerjaan secara bersama dalam forum ini.

"Saya mengapresiasi yang dilakukan oleh Menteri Ketenagakerjaan dalam menyiapkan tenaga kerja muda yang dalam forum ini bisa menerima masukan dan diskusi seluas-luasnya dari para talenta muda yang hadir di acara ini," ujar Edy.(*)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved