Tingkatkan Nasionalisme Generasi Muda Sebagai Modal Hadapi Persaingan

Semangat nasionalisme generasi muda penting untuk terus ditumbuhkan di tengah potensi meningkatnya persaingan antarnegara menghadapi krisis global.

Editor: Content Writer
Doc. MPR
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Pra-Rakernas Partai NasDem bertema Bagaimana Pengaruh Geopolitik dan Geostrategi Dunia Terhadap Pangan Nasional yang digelar secara hibrida oleh Forum Diskusi Denpasar 12 bersama Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP Partai NasDem, Rabu (8/6/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Semangat nasionalisme generasi muda penting untuk terus ditumbuhkan di tengah potensi meningkatnya persaingan antarnegara menghadapi berbagai dampak krisis global.

"Upaya menanamkan nasionalisme harus konsisten dilakukan dalam rangka menumbuhkan daya saing setiap anak bangsa dalam menghadapi era persaingan antarnegara," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/10/2022).

Survei Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan International NGO Forum on Indonesian Development pada Juli—Oktober 2021 menunjukkan generasi Z dan milenial di Indonesia berpotensi kuat menjaga semangat nasionalisme dan kebhinekaan.

Lebih dari 95 persen responden dalam survei itu mendukung semangat nasionalisme, Pancasila, serta menghormati negara dan tradisinya.

Survei yang berlangsung mulai Agustus 2021 sampai dengan September 2021 itu melibatkan 1.200 responden di 18 provinsi yang mencakup 36 kabupaten/kota.

Dari jumlah responden itu sebanyak 429 responden atau 36% merupakan generasi Z (berusia 18—24 tahun) dan 771 orang dari generasi milenial (berusia 25—40 tahun).

Potensi kuat menjaga nasionalisme di kalangan generasi muda itu, menurut Lestari, harus benar-benar ditingkatkan dengan berbagai cara dalam upaya memenangi setiap persaingan antarnegara yang dihadapi saat ini.

Apalagi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, pemahaman nasionalisme yang kuat dari setiap anak bangsa juga berpotensi menumbuhkan semangat bela negara bagi generasi muda yang sangat penting dalam meningkatkan kedaulatan negara.

Momentum tersebut, ujar Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, harus benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam rangka memenangi persaingan antarnegara di berbagai bidang.

Karena itu, Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berpendapat menanamkan nasionalisme kepada generasi muda harus konsisten dan dilakukan sejak dini secara bersama.

Agar, tegas Rerie, daya saing anak bangsa dapat terus terjaga sehingga mampu menjawab setiap tantangan bangsa. *

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved